Sukses

Ukuran Puting Berbeda & Nyeri di Payudara

22 Jan 2015, 14:09 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok saya mau tanya, apakah ukuran puting yang berbeda antara kanan dan kiri merupakan tanda kanker payudara? Terkadang saya merasakan nyeri di area payudara, terkadang di puting cuma selisih waktunya agak lama jadi sesekali merasakan seperti itu.

Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Payudara terdiri atas jaringan lemak dan kelenjar yang akan memproduksi air susu di kala hamil nanti. Rasio antara jaringan lemak dan kelenjar bervariasi di antara masing-masing individu. Wilayah areola juga biasanya berwarna kehitaman dapat dengan atau tanpa bintik-bintik dan kulitnya keriput jika sedang tidak tertarik/menegang (puting rata, kulit tidak tertarik) dan akan halus jika tertarik (puting menegang, kulit tertarik) atau halus, hal tersebut termasuk wajar. Sedikit tidak simetris pada posisi puting dan juga letak payudara juga termasuk wajar. Namun, jika posisi atau letak tidak simetris sangat kentara dan jauh maka perlu dilakukan pemeriksaan langsung.

Nyeri pada payudara disebut dengan mastalgia, dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari peradangan payudara, trauma, tumor, dan akibat menstruasi. Peradangan pada payudara biasanya ditandai oleh warna kemerahan pada payudara, sakit saat disentuh. Trauma disebabkan oleh benturan yang mengenai payudara. Tumor ditandai oleh benjolan pada payudara, yang sebenarnya jarang menimbulkan keluhan nyeri pada awal dari perjalanan penyakit. 

Selain gangguan di atas, menstruasi sendiri dapat menyebabkan keluhan nyeri pada payudara. Biasanya wanita pernah mengalami nyeri pada payudara saat periode haid sebelumnya. Nyeri biasanya terjadi pada kedua payudara, dan menghilang setelah haid selesai. Penggunaan bra yang tidak tepat biasanya menyebabkan keluhan rasa tidak nyaman.

Memang sebaiknya dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung untuk memastikan diagnosis penyakit Anda. Jadi kami sarankan agar berkonsultasi ke Dokter untuk pemeriksaan dan terapi lebih lanjut. 

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar