Sukses

Benjolan di Dekat Lubang Telinga

26 Jan 2015, 12:08 WIB
Wanita, 21 tahun.

Hi dokter selamat siang. saya mau tanya. Saya ada benjolan di dekat lubang telinga kiri saya. saya kira itu hanya benjolan seperti jerawat atau dll. tapi setelah saya browsing di internet hasilnya agak menakutkan karena katanya dibilang itu tumor atau infeksi yang mengharuskan di bedah. apakah benar? apa penyebabnya? lalu apa yang harus saya lakukan ?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelumnya, apakah benjolan tersebut menyebabkan nyeri hebat saat tersentuh? adakah warna kemerahan? pernahkah benjolan tersebut pecah dan mengeluarkan nanah? apakah benjolan tersebut hilang timbul dan biasanya hanya berlangsung 1-2 minggu?

Bila jawaban atas semua pertanyaan di atas adalah Ya, maka kami menyimpulkan bahwa 'benjolan seperti jerawat' yang Anda alami didepan lubang telinga tersebut adalah penyakit 'otitis eksterna'. Ini merupakan penyakit kulit akibat infeksi bakteri, yang biasanya didahului dengan trauma (misalnya tergores setelah mengorek telinga). Ciri-cirinya benjolan hanya sebesar bisul, kemerahan, nyeri yang hebat. Untuk mengobatinya dapat dilakukan dengan meminum antibiotik (dapatkan pada dokter Anda), dan menjaga kebersihan telinga serta menghindari kegiatan mengorek telinga/ trauma bagian telinga lainnya.

Namun lain halnya bila benjolan tersebut telah berlangsung lebih dari 1 bulan, tidak pernah berkurang ukurannya, maka kami sarankan Anda berobat ke dokter telinga, hidung dan tenggorokan agar pemeriksaan langsung dapat dilakukan terhadap benjolan tersebut.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

1 Komentar

  • Sri Rahayu

    Dok .. temen saya punya benjolan depan telinga sebelah kiri nya ... kan udah di periksa bbrapa x ke dokter kata'a ini bawaan dari lahir. Lou pengen sembuh obat'a apa dokter??? Yang alami" aj... jdi benjolan itu kaya bisul suka keluar nanah. Terus lou kepegang kerasa'a panas gatal perih ap itu dok??