Sukses

Urine Bercampur Dengan Sperma

20 Feb 2015, 14:00 WIB
Pria, 23 tahun.

Selamat malam dok. Saya ingin tanya,kenapa sesekali di saat saya buang air kecil..urine saya brcampur dgn sperma..pdahal saya tdak melakukan apa".. Berbahaya gak dok?? Mohon pnjelasan nya dok

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Bapak/Saudara yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebelumnya kami ingin bertanya. Sejak kapan keluhan ini anda rasakan? apakah terdapat keluhan lain seperti BAK tidak tuntas, nyeri berkemih, anyang-anyangan, dan lainnya?

Cairan yang keluar dari penis dapat terjadi secara normal (fisiologis) atau tidak normal (patologis). Secara fisiologis, pengeluaran terjadi saat laki-laki terangsang secara seksual. Cairan ini bersifat pelumas sebelum ejakulasi. Pada pria yang belum disunat, dapat terjadi penumpukan smegma di kulup (frenulum) dan bergabung dengan cairan pelumas ini, sehingga dapat terlihat bercak putih. Bila rangsangan diteruskan, dapat terjadi ejakulasi pada pria yang mengeluarkan cairan mani.

Secara patologis, cairan dapat keluar saat tidak ada rangsangan seksual. Cairan dapat bersifat putih kehijauan atau bening. Keluarnya cairan yang patologis dapat disebabkan oleh infeksi menular seksual ataupun infeksi saluran kemih. Umumnya selain keluhan keluarnya cairan dari kemaluan juga disertai dengan keluhan nyeri saat berkemih, perasaan tidak tuntas saat berkemih, sering berkemih/anyang-anyangan, dan lain sebagainnya. Untuk memastikan diagnosa terhadap keluhan yang Anda rasakan, kami sarankan Anda memeriksakan diri langsung ke dokter. 

Untuk mengetahui apakah air mani bercampur dengan air kencing, diperlukan pemeriksaan penunjang berupa urinalisis (analisa urin). Infeksi saluran kemih dapat menyebabkan air kencing berwarna kekeruhan (seluruhnya), disertai dengan nyeri saat buang air kecil, anyang-anyangan. Terkadang, air kencing dapat juga bercampur dengan pasir-pasir halus/batu kecil bila sudah terjadi batu saluran kemih.

Demikian penjelasan kami. Semoga keluhan Anda lekas teratasi. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar