Sukses

Rutin Olahraga dan Mengatur Diet: Masih Perlukah Obat?

21 Jan 2015, 16:21 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok,sy wanita yg kelebihan berat badan,boleh tau apa nama obat penghancur lemak yg di maksud,selain sy jg rutin olahraga & mnjaga pola makan.Terimakasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com,

Untuk mencapai berat badan ideal, Anda dapat melakukan kombinasi olah raga dengan pola makan gizi seimbang. Olah raga yang dapat diterapkan adalah yang bersifat aerobik seperti lari, renang, bersepeda ataupun yang bersifat pembentukan seperti sit up, push up, dan latihan beban. Jika Anda melakukannya secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang, tentunya akan ada perubahan pada bentuk tubuh Anda. Intinya adalah kedisiplinan yang tinggi. 


Hilangkan keinginan untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat, karena penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat berpotensi mendatangkan penyakit. Penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kg/minggu atau 2-2,5 kg/bulan.

Untuk diet, yang harus anda lakukan adalah mengurangi jumlah kalori dalam sehari. Tetap usahakan setiap kali anda makan ada unsur kabohidrat (roti gandum, kentang), hindari makanan gorengan, minuman dan makanan yang terlalu manis, garam, konsumsi banyak air putih, perbanyak lauk dengan ikan, perbanyak sayur dan buah, hindari makanan dari kaleng atau fast food (sosis, kentang goreng, nugget), hindari jajanan manis (bila lapar, dapat pilih snack berupa buah atau sayur yang manis). Coba lah agar makan pagi anda selalu disertai oleh buah yang manis, jadi anda dapat menahan lapar hingga siang. Untuk malam hari hindari makanan yang terlalu besar porsinya. 

Bila anda telah rutin menjaga pola makan dan berolahraga, kami perkirakan anda tidak lagi membutuhkan obat penghancur lemak. Bagaimanapun, perubahan pola hidup tetap menjadi cara yang alami untuk menurunkan berat badan, selain itu penggunaan obat penghancur lemak sangat dibatasi dan harus mengikuti anjuran serta dipantau oleh dokter. Bagaimana mengenai pola diet anda, anda dapat konsultasi ke dokter spesialis gizi agar lebih dapat disesuaikan dengan kondisi tubuh anda. 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar