Sukses

Obat Subur, Sakit Pinggang, dan Sperma Encer

13 Aug 2015, 20:30 WIB
Wanita, 29 tahun.

Salam dok, saya ingin bertanya obat apa yg dpt membuat sy subur dan rasa sakit pada pinggang blkg dan kram perut atas vagina saya bisa hilang, dan sperma suami saya bisa kental atau tdk encer lg dok. Krn km ingin menambah momongan lg sepertinya sangat susah dok, sedangkan anak pertama 3bln pernikahan saya sudah hamil, setlah umur anak sy 3 thn km ingin punya anak lg tp sampai saat ini usia anak km sudah 9thn sy blm hamil jg dok. Mohon bantu km dok..

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Obat-obatan  yang digunakan untuk memicu terjadinya kehamilan pada umumnya mengandung hormon reproduksi karena itu tidak dijual bebas dan hanya dapat dikonsumsi di bawah pantauan dokter. Penggunaan obat hormonal di luar pantauan dokter justru akan memberikan efek yang buruk bagi tubuh. Karena itu, kami sarankan agar anda berkonsultasi kepada dokter kandungan dan kebidanan jika anda memiliki masalah infertilitas (mandul), sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi obat-obatan bebas yang melabelkan diri sebagai obat penyubur kandungan.

Demikian juga dengan keluhan "rasa sakit pada pinggang blkg dan kram perut atas vagina" anda. Akan lebih tepat jika terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan untuk menentukan penyebabnya, sehingga dapat diberikan penanganan yang tepat dan optimal.

Pertanyaan anda berikutnya mengenai sperma encer, Sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan jika sperma encer, hal tersebut bukan berarti sperma suami Anda tidak baik. Cairan sperma atau semen normal pada umumnya bewarna putih keabu-abuan. Warna dan konsistensi cairan ini sangat bervariasi. Faktor usia, makanan dan frekuensi ejakulasi merupakan beberapa faktor yang sangat berperan. Pada awal ejakulasi cairan semen tampak kental dan lengket, kekentalan ini akan berangsur-angsur menurun dan mencair dalam waktu 20 hingga 30 menit.

Faktanya adalah kekentalan cairan sperma tidak berhubungan dengan kualitas sperma yang terkandung di dalamnya. Kualitas dan kuantitas sperma hanya bisa ditelaah melalui pemeriksaan sperma analisis yang dilakukan oleh Dokter Spesialis Andrologi.

Faktor lain yang berperan dalam penentuan kualitas sperma adalah asupan nutrisi, stres, obesitas, obat-obatan yang dikonsumsi, paparan rokok dan asap rokok serta konsumsi pestisida atau oksidan lain dalam makanan.

Berikut beberapa artikel yang dapat menambah pengetahuan Anda:

Tips Sperma Sehat 

Makin Gemuk, Sperma Makin Sedikit

Bahayakah Jika Sperma Tertelan

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar