Sukses

Penyakit Lipoma

13 Aug 2015, 20:44 WIB
Pria, 43 tahun.

Ayah saya mengidap penyakit lipoma dibagian leher, dokter menyarankan agar operasi namun ayah saya ragu lipomanya akan kembali setelah operasi, Apakah benar? Apa yang harus kami lakukan? Bagaimana dengan operasi lipoma menggunakan laser?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Lipoma adalah suatu tumor (benjolan) jinak yang berada dibawah kulit yang terdiri dari lemak. Genetik ditengarai sebagai salah satu faktor pemicu timbulnya gangguan ini. Karena terbentuk oleh jaringan lemak, maka lipoma dapat tuumbuh diarea mana saja  pada tubuh.

Pada dasarnya lipoma tidak perlu dilakukan tindakan apapun, kecuali berkembang menjadi nyeri dan mengganggu pergerakkan. Biasanya seseorang menjalani operasi bedah untuk penggangkatan lipoma hanya untuk alasan kosmetik. Teknik terbaru penyembuhan lipoma adalah dengan menggunakan ultrasound berintensitas tinggi, atau High-intensity focused ultrasound (HIFU) untuk menghancurkan lemak yang ada. Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa terapi non invasif ini terbukti aman dan efektif mengurangi ukuran lipoma. Rata-rata pengurangan ukuran pun sangat substansial dan signifikan secara statistik.

Konsultasikanlah kembali kepada dokter bedah ayah anda untuk mendapatkan terapi yang optimal.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar