Sukses

Riwayat Spasmofilia

01 May 2015, 21:55 WIB
Wanita, 23 tahun.

siang dok, saya poppy usia 23 tahun, saya pernah punya riwayat spasmofilia grade 3 ,2tahun yang lalu. saat ini yg saya rasakan kondisi saya semakin buruk, mata saya minus 8, setiap hari sakit kepala, disertai mual, telinga sebelah kiri saya sering berdengung, jika saya berjalan, saya sering tidak seimbang seperti menabrak benda2 disekitar saya, terjadi gangguan haid, yg saya rasakan cepat lelah, dan nyeri dipunggung, dan saya tidak bisa menahan kantuk. apa gejala saya menjurus ke penyakit lain, seperti ca otak ? mohon bantuan nya dok, karna keterbatasan dan keajiban saya bekerja, saya sulit untuk kerumah sakit. thanks before

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Spasmofilia merupakan suatu kondisi di mana persarafan motor menunjukkan sensitivitas yang tidak normal terhadap stimulasi/rangsangan elektrik ataupun mekanik sehingga penderita mengalami kecenderungan untuk mengalami kram dan kejang pada otot-ototnya.

Gejala lain yang termasuk dalam sindrom spasmofilia adalah rasa lelah berlebihan, kekakuan atau kedutan otot, kram otot, keluhan pada saluran pencernaan dan juga alergi.

Hal ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan elektrolit di dalam darah antara lain karena kekurangan kalsium (hipokalsemia) atau kekurangan magnesium yang dapat terkait dengan hiperventilasi, hipoparatiroidism, rakhitis, uremia atau kondisi lain. Selain itu juga terjadi ketidakseimbangan mineral kalium.

Pasien dengan spasmofilia biasanya akan merasa kesulitan untuk memulai aktivitas di pagi hari dan sebaliknya merasa sangat aktif pada malam hari, sering merasakan kekakuan otot dan kedutan otot pada tangan dan kaki, kram otot dapat terjadi juga di tempat lain seperti pada lambung, punggung dan leher. Seringkali pasien dengan spasmofilia juga memiliki gejala psikologis berupa rasa cemas dan takut berlebihan.

Rasa sesak di dada merupakan keluhan lain yang cukup sering dirasakan pasien dan cukup mengganggu. Hal ini terjadi karena kejang otot-otot saluran pencernaan bagian atas. Bila terjadi kejang-kejang pada otot-otot saluran pencernaan bagian bawah terkadang dapat menyebabkan rasa mual dan muntah.

Sapsmofilia dapat disembuhkan. Pasien biasanya dapat diberikan asupan suplemen kalsium, magnesium dan kalium. Selain itu pasien juga perlu memperbaiki pola diet dengan mengonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung sumber kalsium, kalium dan magnesium. Selain itu, pasien juga perlu berolahraga ringan dan melakukan pemijatan otot untuk relaksasi otot.

Kami menyarankan Anda melakukan konsultasi kembali dengan dokter spesialis saraf untuk penanganan Anda lebih lanjut. Dokter akan memberikan pilihan terapi medikamentosa yang paling membuat Anda nyaman.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar