Sukses

Diabetes, Kaki Mengeluarkan Nanah, Tangan Kesemutan

15 Feb 2015, 14:48 WIB
Wanita, 18 tahun.

siang dok, saya ingin bertanya, ibu saya beberapa hari ini kakinya bengkak dan mengeluarkan nanah tanpa diketahui penyebabnya. kadang tangan kirinya pun sering kesemutan dan mati rasa. sudah periksa ke dokter dan kadar gulanya normal jadi dokter hanya menyatakan itu radang sendi, apa itu gejala diabetes dok ? saya sangat khawatir dengan keadaan ibu saya, mohon jawabannya yah dok, terimakasih.

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami turut prihatin dengan keadaan ibu Anda. Penyebab tangan kesemutan sebenarnya sangat bervariasi. Biasanya kesemutan terjadi saat tubuh terlalu lama diam, atau berada dalam suatu posisi tertentu, sehingga aliran darah ke daerah tersebut (misal ke arah tangan anda) menjadi terhambat dan timbul keluhan kesemutan. Keluhan tersebut akan berangsur-angsur menghilang dengan menggerak-gerakkan bagian tubuh yang kesemutan sehingga aliran darah kembali lancar ke daerah tersebut. Radang pada persendian juga dapat mengakibatkan keluhan serupa. Proses peradangan tersebut dapat dikurangin dengan pemberian obat-obatan anti radang. Apakah ibu Anda mengonsumsi obat tersebut?

Yang perlu anda khawatirkan adalah jika keluhan kesemutan semakin meluas dari hari ke hari, semakin sering dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti sakit kepala, muntah-muntah, kelumpuhan anggota tubuh, gangguan penglihatan, gangguan pendengaran, dan lain sebagainya. 

Selain itu, kesemutan juga dapat terkait dengan penyakit diabetes. Keluhan kesemutan yang berhubungan dengan DM ini dikenal dengan neuropati perifer. Hal ini berhubungan dengan lama menderita dan ketidakstabilan gula darah seseorang. Pada keadaan ini artinya sudah ada gangguan pada syaraf karena penyakit DM.  Bagaimana dengan kadar gula darah ibu Anda, apakah selama ini terkontrol dengan baik?

Beberapa komplikasi yang sering terjadi pada pasien diabetes adalah gangguan pada:

  • pembuluh darah kecil (mikroangiopati)
  • pembuluh darah besar (makroangiopati)
  • gangguan syaraf (neuropati)

Untuk penanganan kesemutan pada diabetes antara lain dengan mengontrol kadar gula darah melalui pola makan yang benar, gaya hidup sehat serta konsumsi obat-obatan penurun gula darah. Selain itu, dapat pula dengan melalui konsumsi suplemen seperti vitamin B kompleks (B6 dan B12) atau obat-obatan golongan gabapentin (atas resep dokter).

Selanjutnya mengenai keluhan nanah pada kaki ibu Anda, nanah menandakan adanya suatu proses infeksi. Apakah sebelumnya terdapat luka pada area yang keluar nanah? Pada bagian manakah tepatnya keluhan tersebut dialami? Kami menyarankan Anda segera memeriksakan ibu Anda ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat agar beliau dapat menjalani pemeriksaan fisik dan penunjang bila perlu, disertai penanganan yang optimal.

Berikut adalah informasi cara merawat kaki pada penderita diabetes, yang perlu dilakukan secara teratur:

  • Jangan berjalan tanpa menggunakan alas kaki, termasuk di pasir dan di air
  • Periksa kaki setiap hari, laporkan pada dokter apabila kulit terkelupas, kemerahan  atau luka
  • Periksa alas kaki dari benda asing sebelum memakainya, seperti kerikil/benda tajam
  • Selalu menjaga kaki dalam keadaan bersih, tidak basah, dan mengoleskan krim pelembab pada kulit yang kering
  • Potong kuku secara teratur
  • Keringkan kaki dan sela-sela jari setelah dari kamar mandi
  • Gunakan kaos kaki dari bahan katun yang tidak menyebabkan lipatan pada ujung-ujung jari kaki
  • Jika ada kalus/mata ikan, tipiskan secara teratur
  • Jika sudah ada kelainan bentuk kaki, gunakan alas kaki yang dibuat khusus
  • Sepatu tidak boleh terlalu sempit/longgar, jangan menggunakan hak tinggi
  • Jangan gunakan bantal atau botol berisi air panas/es batu untuk kaki

Demikian penjelasan kami. Semoga keluhan ibu Anda lekas teratasi. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar