Sukses

Curiga Hamil, Haid Sedikit

03 Jun 2015, 12:07 WIB
Wanita, 34 tahun.

Dokter Yth. Saya ingin menanyakan perihal seputar haid dan kehamilan. Saya perempuan, menikah, usia 34 tahun. Haid terakhir saya dimulai tanggal 22 November 2014, setelah itu tidak dapat haid sampai tanggal 15 Januari 2015. Selama periode tidak haid tersebut, karena saya pikir saya hamil, saya melakukan tes kehamilan di rumah sebanyak 4 kali, namun hasilnya (-). Sebelum datang haid tanggal 15 Januari 2015, saya sempat mengalami nyeri punggung yg hebat serta kram perut ringan disertai rasa mual. rasa mual sudah saya rasakan 2 minggu sebelum haid yg kedua. Darah haid saya keluar sedikit-sedikit, bahkan pernah dalam semalam tidak keluar sama sekali, tapi besok siangnya keluar sedikit. Warna darahnya merah gelap cenderung coklat dan cepat meresap/kering di pembalut. Pertanyaan saya, apakah saya hanya haid biasa, ataukah sudah terjadi pembuahan? Bisakah saya melakukan tes kehamilan di rumah saat darah masih keluar? Demikian, atas jawaban Dokter saya ucapkan terima kasih. Salam, Shanti

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Tanda pertama dari kehamilan adalah tidak menstruasi, sehingga jika anda masih mengalami menstruasi maka tidak mungkin terjadi kehamilan. Yang perlu dipastikan adalah apakah benar darah yang keluar tersebut adalah darah menstruasi atau akibat gangguan lainnya.

Kami menduga bercak coklat yang keluar tersebut merupakan darah menstruasi Anda yang datang pada siklus ini, hanya saja darah yang keluar sedikit sehingga hanya berupa bercak coklat.

Jumlah menstruasi yang sedikit dipengaruhi oleh perubahan hormonal. Perubahan tersebut dapat berupa fluktuasi normal. Hal ini juga dapat dipengaruhi keadaan tertentu seperti stress fisik dan emosional atau pun karena pengaruh diet yang kurang bernutrisi. Coba Anda perhatikan jumlah dan lama menstruasi pada siklus mendatang. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Jika siklus menstruasi masih dalam kisaran waktu di atas maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Namun untuk memastikannya, tidak ada salahnya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Berikut kami sertakan beberapa artikel untuk Anda:

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar