Sukses

Penanganan vertigo

19 Jan 2015, 17:08 WIB
Pria, 35 tahun.

seminggu lalu saya mengalami pusing yang luar biasa, dimana kepala terasa muter2 sehingga pandangan mata terasa putih semua (tidak bisa liat objek) dan tiba-tiba muntah. sampai saya di gotong ke rumah sakit, di rumah sakit saya di tangani di inpus dan di beri obat , beberapa jam kemudian setelah di observasi di ruang IGD, saya di bolehkan istirahat di rumah menurut dokter saya mengalami Vertigo. yang ingin saya tanyakan: 1.apa penyebab vertigo karena saya baru mengalaminya sebelumnya tidak pernah 2.sekarang saya mengalami paranoid jika kambuh lagi 3.apa obat yang efektif yang bisa saya lakukan atau agar tidak kambuh lagi atas perhatiannya terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Vertigo atau yang biasa ditandai dengan rasa pusing berputar adalah suatu kondisi yang ditandai dengan rasa seperti berputar atau lingkungan terasa berputar. Gejala penyerta seringkali ditandai dengan mual dan muntah.

Berdasarkan penyebab dapat dibagi menjadi :

  • Vertigo sentral yaitu yang disebabkan oleh saraf pusat yaitu Otak dan organ sekitarnya
  • Vertigo perifer yaitu disebabkan oleh jaringan saraf tepi dan pada organ dalam pendengaran

Jenis vertigo yang sering ditemui adalah benign paroxysmal positional vertigo, dimana akan terjadi secara mendadak dan berlangsung kurang dari satu menit. Perubahan posisi kepala, biasanya terjadi ketika penderita berbaring, bangun, berguling diatas tempat tidur atau menoleh ke belakang, yang biasanya memicu terjadinya vertigo selanjutnya.

Penyebab vertigo dapat bermacam macam yaitu oleh karena ketidakseimbangan kimia dalam otak, gangguan serabut saraf, atau gangguan pada organ dalam telinga. Pengobatan vertigo bertujuan untuk menstabilkan penyebab yang telah disebutkan. Beberapa hal yang dapat meredakan vertigo selain obat pada saat serangan adalah :

  1. Pejamkan mata
  2. Jaga agar kepala tidak bergerak dengan rebahan atau duduk.

Pengobatan tergantung kepada penyebabnya. Beberapa terapi yang dapat diberikan adalah terapi dengan obat-obatan, terapi fisik / latihan dan olah raga. Dan jika kedua terapi di atas tidak dapat mengatasi kelainan yang diderita dianjurkan untuk terapi bedah.

Obat-obatan yang biasanya digunakan adalah

  1. Antikolinergik / parasimpatolik
  2. Antihistamin. Betahistin merupakan obat golongan antihistamin yang digunakan pada pengobatan vertigo. Penggunaan obat ini dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti mual dan muntah, gangguan lambung hingga terjadi tukak, serta ruam kulit. 

Untuk dapat mencegah terjadinya kekambuhan, maka perlu diketahui penyebab dan juga faktor pencetus yang mendasarinya sehingga Anda dapat menghindari faktor pencetus tersebut. Selain itu, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf untuk pemeriksaan lebih lanjut apa yang menjadi penyebab vertigo Anda sehingga Anda mendapat terapi yang optimal dan frekuensi kekambuhan dapat dicegah atau dikurangi.

Berikut adalah artikel yang dapat menambah informasi tentang vertigo:

Vertigo dan Mengenal Vertigo.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

    0 Komentar

    Belum ada komentar