Sukses

Usia Kehamilan
19 Jan 2015, 16:59 WIB
Wanita, 23 tahun.

Saya baru saja mengalami keguguran di bulan September 2014, mengalami menstruasi yg sangat banyak di awal bulan Oktober 2014. Hingga skrg blm mengalami menstruasi kembali. Dan di cek pada awal Januari 2015 saya mendapat hasil tes positif hamil. Berapakah usia kehamilan saya skrg? dan apakah wajar ada gerakan2 terkejut dlm rahim untuk usia kehamilan saya skrg ini? Terimakasih

Terimakasih atas kesetiaan Anda menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Selamat atas kehamilan Anda. 

Secara definisi, kehamilan adalah suatu keadaan dimana terdapat hasil pembuahan (antara sel sperma dan sel telur) di dalam rahim seorang perempuan, hingga hasil pembuahan tersebut dilahirkan. 

Adapun cara penghitungan usia kehamilan yang paling sederhana dan lazim dipakai adalah berdasarkan hari pertama haid terakhir (HPHT) Anda. Namun perlu diketahui bahwa pada seorang perempuan yang memiliki siklus haid teratur, pada 10-14 hari pertama haid hormon reproduksi bekerja mematangkan sel telur hingga siap dilepaskan dari kandung telur (disebut juga ovulasi). Dengan demikian pembuahan baru mungkin terjadi setelah proses ovulasi tersebut hingga datang masa haid berikutnya. Atau dengan kata lain awal kehamilan yang sebenarnya baru dimulai sekitar 10-14 hari pertama setelah HPHT. HPHT Anda berarti adalah hari pertama haid terakhir Anda di bulan November. Perhitungan kehamilan menurut HPHT hanya dapat dipercaya apabila sang wanita hamil memiliki siklus menstruasi teratur dan normal yaitu sekitar 28 hari. Apabila siklus menstruasi Anda tidak teratur maka perhitungan ini tidak valid.

Lazim adanya apabila metode perkiraan usia kehamilan dengan perhitungan hari pertama menstruasi terakhir tidak terlalu dapat diandalkan akurasinya dibandingkan dengan perhitungan dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan dapat dilihat kondisi janin Anda berikut usia kehamilan Anda saat ini. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar