Sukses

Keluar Cairan Bening dari Penis, Normalkah?

19 Jan 2015, 15:09 WIB
Pria, 22 tahun.

dokter, saya seorang laki-laki mahasiswa berumur 22 tahun. saya mengalami penyakit kelamin, riwayatnya dulu saya sering melakukan onani. kejadian ini sudah lama semenjak saya duduk di bangku SMA dan sekarang saya kuliah juga masih seperti ini. keluhannya, saya mengalami keluar cairan bening seperti madzi dan itu keluar terus"an. keluarnya setetes kecil di ujung mulut kelamin dan itu keluarnya sedikit tapi keluar terus dan tidak terasa, dan akan sangat cepat jika ada fikiran tentang pornografi. kadang waktu duduk saya buka celana dalam, ada bekas cairan bening itu, sudah kering dan keluar lagii. mohon bimbingannya, saya pingin sembuh

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com

Pemeriksaan cairan yang keluar dari kemaluan akan lebih akurat bila dokter dapat melihat cairan tersebut secara langsung. Namun berdasarkan data yang Anda sampaikan, kami dapat memperkirakan bahwa cairan yang keluar dari kelamin (terutama saat sedang terangsang) tersebut adalah suatu bentuk cairan pelumas. Cairan pelumas ini dihasilkan oleh kelenjar disekitar organ kelamin, dengan tujuan sebagai persiapan untuk melakukan hubungan seksual. Ciri-ciri utamanya adalah cairan ini bening, cair, tidak disertai rasa gatal, panas, nyeri buang air kecil, kemerahan dan demam. Bila memang kondisi ini yang anda alami, maka anda tidak perlu khawatir karena hal ini masih dalam batas normal.

Lain halnya bila terdapat penyertaan keluhan-keluhan yang disebutkan diatas. BIla cairan tersebut kental, kekuningan seperti nanah, kadang berdarah, serta terdapat rasa panas dan nyeri saat berkemih maka kemungkinan telah terjadi infeksi kelamin. Bila memang keadaan ini yang anda alami, untuk memastikan penyebab infeksi kelamin dan menemukan obat yang tepat maka kami sarankan anda memeriksakan diri ke dokter spesialis Kulit dan Kelamin.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

1 Komentar

  • Mud******din

    Alhamdulillah, akhirnya saya dpt informasi yg sangat bermanfaat dan penting untuk saya pribadi agar tidak jadi kesalahpahaman dlm menentukan susuatu masalah, khususnya mengenai alat vital pria. Seperti yg tlah dijelaskan dr. Atika tadi. Ternyata kondisi saya normal. Thanks you dr.Atika atas infonyo.