Sukses

Pertumbuhan Rambut di Area Dada

19 Jan 2015, 13:04 WIB
Pria, 22 tahun.

Kenapa dada saya ditumbuhi rambut, bagaimana cara menghilanhkannya.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com

Kami memahami kegelisahan yang Anda rasakan. Namun sepertinya apa yang Anda keluhkan merupakan hal yang wajar.  Pertumbuhan rambut-rambut sekunder pada tubuh (di dada, kaki, ketiak, kumis, jenggot, sekitar kelamin) merupakan salah satu bagian dari  pubertas, yaitu proses perubahan fisik dimana tubuh seorang anak berubah menjadi tubuh dewasa yang memiliki kemampuan untuk reproduksi. Perubahan tersebut terjadi akibat adanya perubahan kimiawi hormon di dalam tubuh. Namun, lebat tidaknya rambut- rambut sekunder seseorang tergantung dari jumlah folikel rambut yang ada.

Belum diketahui jelas fungsi dari rambut yang tumbuh pada dada, dan tidak ada efek samping jika Anda berkeinginan untuk menghilangkannya. Namun yang perlu diperhatikan adalah cara yang digunakan untuk menghilangkan rambut-rambut tersebut.

Rambut-rambut sekunder dapat dihilangkan dengan mencukur dan waxing, namun rambut-rambut tersebut tidak hilang secara permanen (setelah beberapa waktu akan tumbuh kembali). Cara lain yang dapat menghilangkan rambut secara lebih lama atau bahkan dapat secara permanen yaitu dengan menggunakan Intense Pulse Light (IPL). Prosedur dilakukan dengan memancarkan sinar pada daerah yang berambut, yang pada akhirnya akan merusak folikel rambut. Prosedur ini harus dilakukan beberapa kali dalam jangka waktu tertentu secara berkala, tentu saja dengan dosis yang telah disesuaikan.

Penggunaan IPL dapat menahan pertumbuhan rambut baru selama beberapa waktu lebih lama dibandingkan dengan pencukuran maupun waxing. Meski demikian, rambut yang akan tumbuh umumnya menjadi lebih halus dan lebih pucat. Bahkan pada beberapa orang, rambut tersebut dapat menghilang 100% (tidak tumbuh kembali).

Prosedur ini terbilang cukup aman jika dilakukan oleh tenaga medis yang terlatih. Akan tetapi, prosedur yang tidak tepat dan tidak sesuai indikasi dapat menyebabkan luka bakar dan perubahan warna kulit yang akan bertahan selama beberapa bulan.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai serba-serbi IPL, Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin yang memiliki kompetensi dalam bidang ini.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar