Sukses

Penyebab Sakit Maag

18 Jan 2015, 21:12 WIB
Pria, 18 tahun.

assalamualaikum dok saya ingin tanya, saya sebenarnya kalo makan itu jarang telat tapi waktu itu dalam beberapa hari perut terasa sangat penuh sampe napsu makan menurun, mual, terus kalo minum airpun terasa sangat kembung. selang beberapa hari perut menjadi sakit untuk jalanpun sangat sakit sampai waktu itu pagi baru bangun tidur saya minum air putih banyak dan dikamar mandi muntah air. akhirnya saya periksa dan hasilnya maag akut. namun saya heran kok bisa langsung maag akut sedangkan saya makan jarang telat. lalu saya baca di internet katanya maag menular. apakah penyakitku dari penularan dok mohon dibantu wassalamualaikmum

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan.

Penyakit maag tidak menular dan disebabkan oleh gangguan pada asam lambung Anda. Anda sebaiknya makan tepat waktu dan menghindari rokok, alkohol, serta stress yang dapat memicu sekresi asam lambung. Memang sepertinya keluhan Anda merupakan kumpulan keluhan penyakit maag.  Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah : 

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
  2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. 
  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari 
  4. Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)
  5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 
  6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu. 
     

Anda juga dapat membaca artikel kami berjudul :

6 Makanan Perparah Maag

6 Makanan Pencegah Perut Kembung

Untuk obat tersebut dapat dikonsumsi 30 menit - 1 jam sebelum makan. Bila maag Anda sedang kambuh obat ini dapat Anda konsumsi.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar