Sukses

Konsumsi Susu Kedelai
22 Jan 2015, 21:40 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok.. saya barusan saja baca artikel tentang dampak negatif tentang susu kedelai bagi bayi laki2. Awal mula hamil saya tidaktau info tsb.. maka dr awal saya tau saya hamil sampai kira2 saya hamil usia kandungan 4bln saya sering minum susu kedelai 3 sampai 4 kali dlm seminggu akhirnya. saya di beri tau oleh teman bahwa susu kedelai tidak bagus utk bayi laki2 karena kebetulan setelah usg bayi saya laki2. Skrg saya takut bs berdampak buruk bagi bayi saya. Skrg saya sudah stop konsumsi susu kedelai dari usia 4 bulan. Skrg saya sudah menginjak kehamilan 6 bln. Tolong bantu saya jelaskan dok. Terima kasih.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Ibu. Susu kedelai memang memiliki molekul yang berikatan dengan reseptor estrogen (hormon feminisasi pada perempuan), sehingga memiliki efek seperti estrogen namun lemah. Karena efeknya lemah maka efeknya terhadap feminisasi pada anak laki-laki tidak dapat dibuktikan. Malahan, karena efeknya lemah, molekul ini dapat bersifat anti-estrogen sehingga ada dugaan bahwa di masa depan dapat mengurangi risiko kanker payudara pada anak perempuan. Pada anak laki-laki pun diduga dapat menurunkan risiko kanker prostat di masa depan. Namun, kesimpulan ini memang masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Telah banyak jumlah generasi yang mengkonsumsi susu kedelai dan hingga saat ini belum ada bukti bahwa konsumsi susu kedelai membawa efek buruk bagi kesehatan. Namun, segala sesuatu yang berlebihan atau kurang adalah tidak baik. Maka, pada prinsipnya, pastikan segala konsumsi makanan bergizi tetap seimbang, tidak berlebihan dan tidak juga kurang, termasuk konsumsi susu kedelai.

Konsumsi susu kedelai tersebut 1-2 gelas saja setiap hari dan tidak berlebihan tentunya aman bagi anak laki-laki maupun perempuan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter 

0 Komentar

Belum ada komentar