Sukses

Penyebab Nyeri Dada Kiri

18 Jan 2015, 17:56 WIB
Wanita, 28 tahun.

Halo Dokter, Saya mau tanya beberapa hal : - Kenapa yah dok, akhir2 ini saya suka merasakan nyeri pd bagian samping kiri payudara saya? Apakah itu berbahaya?? - Beberapa hari yg lalu saya melakukan oral sex bersama pasangan, ketika itu tangannya sempat terkena cairan sprema dan tanpa sadar tangan yg terkena cairan sprema itu masuk ke dlm vagina saya tanpa di bersihkan terlbh dahulu. Apakah hal tersebut dpt mengakibatkan kehamilan, dok?? Terima kasih..

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami memamahami kekhawtiran Anda. Namun pertama-tama kami perlu menanyakan beberapa hal seperti: sejak kapan keluhan dirasakan? Apakah teraba benjolan pada payudara? Apakah ada gejala lain seperti kulit payudara kemerahan, bengkak, nyeri saat disentuh, demam, payudara teraba panas?

Nyeri pada payudara disebut dengan mastalgia, dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari peradangan payudara, trauma, tumor, dan akibat menstruasi. Peradangan pada payudara biasanya ditandai oleh warna kemerahan pada payudara, sakit saat disentuh. Trauma disebabkan oleh benturan yang mengenai payudara. Tumor ditandai oleh benjolan pada payudara, yang sebenarnya jarang menimbulkan keluhan nyeri pada awal dari perjalanan penyakit. 

Selain gangguan di atas, menstruasi sendiri dapat menyebabkan keluhan nyeri pada payudara. Biasanya wanita pernah mengalami nyeri pada payudara saat periode haid sebelumnya. Nyeri biasanya terjadi pada kedua payudara, dan menghilang setelah haid selesai.

Memang sebaiknya dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung untuk memastikan diagnosis penyakit pasangan Anda. Jadi kami sarankan agar berkonsultasi ke dokter untuk pemeriksaan dan terapi lebih lanjut. 
 
Terkait pertanyaan kedua Anda, selama sperma mengakses sel telur, maka kemungkinan hamil ada. Jika sperma masuk ke vagina tentu ada saja kemungkinan hamil. Namun untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. 

Salam,
 
Tim Redaksi Klikdokter
 
 

0 Komentar

Belum ada komentar