Sukses

Bintik Coklat Di Paha, Bersisik, Penyakit Apa?

18 Feb 2015, 08:56 WIB
Pria, 27 tahun.

9th yg lalu ada bintik coklat di paha kanan, lama kelamaan mmbesar dan bersisik hampir menutupi paha Jnis pnykit kulit apa, dan apa pnybabnya.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah bintik coklat tersebut gatal? Bagaimana bentuk dari bintik coklat?Apakah bermacam-macam? Bagaimana dengan sifat sisiknya? Apakah sisik halus atau sisik kasar? Bagaimana dengan pekerjaan Anda? Apakah banyak mengeluarkan keringat? Apakah situasi lingkungan bekerja lembab? 

Apabila jawaban Anda bintik tersebut gatal ringan, bentuk bintik ada yang teratur ada juga yang tidak teratur dengan batas bintik beberapa tegas dan ada juga yang tidak tegas, dengan sisik halus, kemungkinan kelainan yang Anda rasakan adalah panu atau dalam bahasa medis tinea versikolor.

Panu atau tinea versikolor adalah penyakit jamur pada kulit yang disebabkan oleh Malassezia furfur Robin. Panu biasanya tidak memberikan keluhan. Sifat gatalnya adalah ringan. Bercak bersisik halus, bercak dapat berwarna putih sampai dengan coklat hitam. Bercak biasanya terdapat pada badan, ketiak, lipat paha, lengan, tungkai atas, leher, muka, dan kulit kepala yang berambut.

Jamur Malassezia furfur Robin ini sebenarnya adalah jamur yang secara normal berada di kulit tanpa menimbulkan penyakit. Namun, dengan faktor pencetus dapat menyebabkan penyakit. Faktor pencetus yang dapat memicu adalah penurunan faktor kekebalan tubuh pada kondisi berat badan kurang atau sedang menderita sakit lain dalam jangka waktu lama, suhu udara, kelembaban, dan keringat. 

Pengobatan penyakit ini harus dilakukan secara tekun dan konsisten.  Obat yang dapat dipakai misalnya selenium sulfide yang digunakan sebagai shampo 2-3 x seminggu digosokkan pada kulit yang sakit. Pengobatan harus dilakukan 2 minggu setelah pemeriksaan klinis menunjukkan gambaran penyakit sudah tidak aktif. 

Untuk memastikan diagnosis diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter untuk melihat kelainan kulit. Selain itu juga diperlukan pemeriksaan penunjang. Sebaiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter umum atau dokter spesialis kulit kelamin.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar