Sukses

Nyeri Leher dan Nyeri Pada Betis

03 Jun 2015, 09:32 WIB
Pria, 29 tahun.

SELAMAT MALAM, SAYA MENGALAMI KELUHAN PADA LEHER SEBELAH KANAN DEPAN.SAYA SERING MENGALAMI NYERI PD BG ITU. YANG KEDUA,SAYA SEJAK KECIL MENGALAMI NYERI PADA BETIS,HAL INI SAYA SERING ALAMI KETIKA CUACA SEDANG DINGIN DAN SETELAH BERAKTIFITAS. MOHON BANTUANNYA TERIMA KASIH

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Nyeri pada leher dapat disebabkan oleh :

  • Leher yang terkilir yang disebabkan oleh penggunaan otot-otot leher yang berlebihan, misalnya oleh posisi leher yang salah selama aktifitas sehari-hari, yang dapat menyebabkan nyeri leher dan ketegangan otot yang kronis, biasanya nyeri semakin dirasakan bila terjadi pergerakan leher yang dapat disertai oleh nyeri kepala, kaku otot, dan keterbatasan pergerakan otot.
  • Proses degeneratif dari diskus tulang belakang biasanya disebabkan oleh proses penuaan.
  • herniasi diskus tulang belakang : dapat menekan saraf pada tulang belakang yang memicu nyeri pada leher dan kesemutan pada tangan
  • beberapa penyakit speerti peradangan sendi pun dapat menyebabkan nyeri pada leher.

Ada beberapa tindakan yang anda dapat lakukan di rumah seperti :

  • kompres menggunakan kompres panas dan dingin : kompres dingin dapat membantu meredakan proses inflamasi, coba kompres leher dengan air dingin selama 20 menit setap harinya dapat dilakukan berkaliklai dalam sehari, atau mandi dengan air panas, sebab air panas dapat menrelaksasi otot.
  • Beristirahat : coba untuk tiduran bila sudah bekerja yang berat menggunakan leher, namun jangan terlalu lama sebab dapat menambah kekakuan otot
  • streching otot-otot leher

Bila keluhan terus berlanjut sebaiknya anda memeriksakan diri kepada dokter terdekat, agar dapat dilakukan pemeriksaan untuk mencari tau penyebab keluhan anda tersebut.

Sedangkan keluhan nyeri betis juga demikian, dapat disebabkan oleh banyak hal. Bisa dikarenakan gangguan otot, tulang, pembuluh darah atau persarafan.

Satu penyebab khusus nyeri betis yang bisa menjadi perhatian khusus adalah karena gangguan darah berupa hiperkoagulasi (kecenderungan untuk menggumpal) sehingga bekuan darah menyumbat pembuluh darah. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pembuluh balik di kaki (disebut pembuluh vena/ Penyakit insufisiensi vena kronik). Nyeri pada keadaaan ini umumnya terjadi setelah beraktivitas. Salah satu cara mendeteksi gangguan ini adalah dengan melakukan konsultasi dengan dokter dan dilakukan USG.

Tentu hal ini hanya merupakan salah satu penyebab, karena masih banyak penyebab lain yang memerlukan pemeriksaan langsung oleh seorang dokter. Kami sarankan Anda konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar