Sukses

Mengenai Muntah Darah

16 Feb 2015, 15:33 WIB
Pria, 19 tahun.

assalamualaikum.wr.wb dok,, mau tayak dok,, penyakit yang identik dengan muntah darah itu biasanya penyakit apa dok dan apa obat ata solusinya jika muntah darah dok.??? terimakasih sebelum dan sesudahnya dok. wassalamualikum.wr.wb

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Saudara yang terhormat. Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Penyebab dari gejala muntah darah dapat bervariasi, antara lain gangguan pada saluran pencernaan (seperti lambung) maupun  hati. Muntah darah dalam istilah medis dinamakan hematemesis. Darah yang keluar dapat berwarna merah segar atau kehitaman seperti aspal. Kedua hal tersebut dapat membedakan berasal dari manakah darah yang keluar. Contoh penyebab hematemesis antara lain:

  • Perlukaan di saluran pencernaan
  • Kelainan koagulasi (pembekuan darah)
  • Varises esofagus
  • Darah yang tertelan dari epistaksis (perdarahan melalui hidung / mimisan)
  • Erosi orofaring yang tertelan juga bisa menyebabkan muntah darah
  • Tekanan, stress emosional
  • Pemakaian obat antiperadangan(anti-radang), antikoagulan(anti-pembekuan), alkohol, atau obat-obatan yang mengiritasi saluran pencernaan

Salah satu penyakit hati yang dapat menyebabkan muntah darah adalah sirosis hati. Sirosis hati merupakan suatu kondisi terminal dari penyakit hati kronik. Di Indonesia, seringkali penyakit ini disebabkan oleh infeksi hepatitis B dan C. Sebagian pasien yang terinfeksi hepatitis B atau C bisa saja tidak memiliki keluhan (tanpa gejala/asimtomatik). Hal ini baru disadari saat penyakit telah memasuki stadium akhir. Selain infeksi sirosis hati dapat juga disebabkan karena perlemakan hati (fatty liver), kebiasaan minum alkohol dalam waktu lama dan rutin, obat – obatan yang menganggu fungsi liver dalam waktu yang lama, jamu – jamuan, dan makanan dengan bahan pengawet. 

Kami lampirkan sebuah artikel untuk menambah wawasan Anda: Tanda-Tanda Sirosis Hati

Risiko dari muntah darah tentu adalah kekurangan darah, yaitu anemia. Jika muntah darah banyak, kekurangan volume darah yang terjadi bisa begitu banyak sehingga dapat berakibat pada kematian. Penanganan muntah darah adalah dengan mencari sumber perdarahan, dan mengatasi penyakit yang mendasarinya.

Demikian informasi ini kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar