Sukses

Vitamin Murah & Mahal

03 Jun 2015, 10:05 WIB
Pria, 50 tahun.

Jawaban klikdokter lama waktunya, jumat siang 16 jan 2015 sy tanya sabtu siang 17 jan 2015 blm jg di respon. Ini pertanyaan sy kembali. Sy suka konsumsi vit C dan B complex yg hrgnya murah Rp. 5000/50 butir @ 50 gr. Yg sy tanyakan ke dokter apakah ada efek sampingnya konsumsi vit tsb dgn hrg murah. Apa bedanya dengan vit C lainnya yg mahal hrg nya. Terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan penjawaban selama ini. 

Perlu diketahui oleh bapak bahwa Vitamin adalah zat organik penting dari luar yang diperlukan tubuh dalam jumlah kecil untuk berbagai reaksi metabolisme dan mempertahankan kesehatan tubuh. Vitamin terutama sebenarnya dapat disuplai dari makanan. Sumber vitamin yang paling baik adalah makanan sehingga orang sehat yang makanannya bermutu baik mestinya sudah mendapat jumlah vitamin yang cukup. Vitamin diperlukan oleh tubuh hanya jika seseorang sedang dalam keadaan sakit atau mengalami penurunan daya tahan tubuh. Baik tidaknya suatu obat atau vitamin tidak dilihat dari harganya. Tidak selamanya yang mahal itu bagus. Perbedaan harga suatu obat atau vitamin tergantung dari kebijakan produsennya dan ada tidaknya kandungan obat di dalamnya yang disubsidi dari pemerintah. 

Dan juga mengkonsumsi suplemen vitamin baik yang harga murah atau mahal secara jangka panjang sama saja dengan memasukkan zat kimia kedalam tubuh. Hal ini tentunya dapat memberikan beban kerja pada hati dan ginjal sebagai zat yang menetralisir toxin dan membuangnya dari dalam tubuh. Itulah yang menjadi alasan tidak dianjurkannya penggunaan vitamin jangka panjang.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar