Sukses

Penyakit Paru yang Tidak Kunjung Sembuh

23 Jan 2015, 11:53 WIB
Pria, 24 tahun.

Ass dok saya mau tanya saya punya penyakit paru saya udah berobat nyampe 6 bulan tpi hasil nya 0 dok ,yang ada malh terasa engap dada nya trus jantung saya denyut nya lbh kencag trus apa yang harus saya lakuka lagi dok,,,trimaksh

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com,

Sayang sekali Anda tidak menyebutkan nama penyakit yang Anda alami, namun kami berasumsi Anda menderita penyakit tuberkulosis paru (TB) karena pengobatan 6 bulan yang dilakukan.

Bila Anda memang telah mengonsumsi obat TB selama 6 bulan secara lengkap rutin namun masih sering terasa gejala, beberapa hal harus diperhatikan. Apakah setelah 6 bulan mengonsumsi obat Anda kembali ke dokter untuk pemeriksaan rontgen paru dan telah dinyatakan sembuh? Selain itu, kerusakan paru yang telah cukup parah akibat penyakit TB juga seringkali memberikan gejala sisa meskipun penyakit paru itu sendiri telah sembuh. Bila telah ada gejala organ jantung (berdebar-debar), kemungkinan telah terjadi kerusakan paru yang cukup berat.

Selain itu, sekalipun sudah dinyatakan sembuh, seseorang tetap dapat terkena TB lagi bila imunitas tubuh rendah. Kami menyarankan agar Anda memeriksakan kembali ke dokter spesialis Paru untuk memastikan apakah Anda memang sudah sembuh dari TB atau kembali menderita TB, maupun apakah Anda telah mengalami kerusakan paru yang cukup signifikan. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar