Sukses

Bercak Putih Berulang di Area Tubuh

23 Jan 2015, 11:21 WIB
Wanita, 27 tahun.

dok, anak saya usia 7m skg. sekak usia 2m di dadanya ada bercak putih berkerak. sempat tanya ke puskesmas katanya jamur dikasi salep (mi**naz*le) katanya seminggu hilang bercaknya tp harus rutin sebulan. tp sebulan kemudian bercaknya menyebar sampai ke perut dan pinggang. saya ganti salep merk lain untuk jamur (keto**naz*le) udah sempet sembuh warna kulit udah normal. tp skg sudah mulai muncul lg bercak di banyak tempat. gimana solusinya dokter?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com,

 

Terdapat faktor yang mempengaruhi kelembabankulit seperti aktifitas fisik, kondisi tubuh yang sering berkeringat, berat badan, suhu lingkungan, dan jenis pakaian/celana dalam yang tidak menyerap keringat. Seseorang dengan berat badan berlebih cenderung memiliki kondisi kulit yang mudah lembab dan berkeringat. Kulit yang lembab merupakan suasana yang baik untuk pertumbuhan kuman dan jamur. Gejala dari infeksi jamur adalah gatal, berbau, lembab, kulit mudah iritasi/kemerahan.

Untuk mengatasi infeksi jamur, dapat dilakukan penanganan nonfarmakologis dan farmakologis. Terapi nonfarmakologis adalah menghilangkan faktor pencetus. Hal ini dilakukan dengan cara mandi teratur dua kali sehari, berganti pakaian dalam setiap kali banyak berkeringat dan setiap kali mandi, menggunakan bahan yang tipis, dan menghindari penggunaan celana ketat. Sebaiknya  tidak menggunakan handuk ataupun celana bergantian dengan orang lain. Pakaian sebaiknya juga direndam terlebih dahulu menggunakan karbol (untuk yang berwarna) selama 1 – 2 jam dan pemutih (untuk warna putih) selama 15 – 30 menit untuk membunuh spora jamur yang melekat pada kain. Selain itu, Anda juga harus menjaga kesehatan dan mempertahankan asupan nutrisi yang baik. Karena walaupun dilakukan pengobatan yang teratur tapi jika tidak diikuti dengan penghilangan sumber penularan dan faktor pencetus, jamur akan muncul kembali.

Medikamentosa yang digunakan adalah obat antijamur, dapat berupa salep (bila lesi jamur tidak terlalu lebar) atau obat minum. Salep antijamur (ketokonazol, mikonazol) digunakan sekurang-kurangnya 2 minggu setelah lesi menyembuh. Jika infeksinya luas, dapat diberikan anti jamur oral. 

Kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk melakukan pemeriksaan secara langsung guna menegakkan diagnosis dan mendapat terapi yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar