Sukses

Geographic Tongue ?
17 Jan 2015, 17:06 WIB
Wanita, 19 tahun.

salam dok, saya mau bertanya kenapa lidah saya berwarna putih, seperti ky ada pulau d tengahnya, dan aga pecah2.. bagaimana cara mengatasinya aga normal kembali, dan obat yg cocok terimakasih

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya memahami kekhawatiran Anda.  Berdarasarkan pemaparan Anda, maka keadaan tersebut dapat diarahkan pada kelainan yang disebut geographic tongue.Geographic tongue adalah suatu istilah yang digunakan untuk suatu kondisi peradangan pada lidah, dimana permukaan lidah menunjukkan bercak-bercak seperti pulau, itulah mengapa disebut geographic tongue. Bercak ini terdapat pada badan lidah tapi bisa juga terdapat di samping lidah, berwarna kemerahan dengan batas putih-kekuningan yang jelas, dan umumnya berukuran kecil-kecil dan tersebar namun bisa juga hanya berupa lesi tunggal yang berukuran besar. Bercak kemerahan ini halus karena papilla lidah (kuncup pengecap) mengalami atrofi.

Pasien umumnya mengeluhkan rasa seperti terbakar pada lidah atau iritasi terutama saat makan makanan panas/pedas. Bercak/pulau ini dapat hilang sendiri lalu timbul lagi pada daerah lain pada lidah, dan kondisi ini dapat terjadi dalam jangka waktu yang lama. Penyebab dari kondisi ini tidak diketahui dengan pasti, namun dihubungkan dengan reaksi alergi/hipersensitivitas.

Geographic tongue tidak membutuhkan perawatan khusus karena sifatnya jinak dan tidak berbahaya, bahkan banyak kasus tanpa gejala apapun. Pada pasien dengan gejala, dokter akan meresepkan obat-obatan antiradang dan antibiotik jika perlu.Namun untuk memastikan penyebab dan diagnosa pada kelainan yang Anda alami tentu saja diperlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi, maka sebaiknya periksakan keadaan ke dokter gigi.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar