Sukses

Fatty Liver

16 Aug 2015, 08:02 WIB
Pria, 27 tahun.

Salam kenal dokter dan terima kasih atas waktunya, saya telah dideteksi "Fatty Liver" melalui MRI dan USG. Saat saya bangun tidur, saya tidak dapat bangkit karena pinggang kanan saya sakit sekali dan rasanya kaku, begitu juga saat beraktifitas kepala saya rasanya sakit seperti cenut mau pecah dan badan lemas, untuk bab saya sering keluar darah segar dan kadang bercampur dengan feses. Apakah hal tersebut berhubungan dengan "Fatty Liver" dan apa penyakit ini dapat disembuhkan?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami turut prihatin atas apa yang terjadi pada kesehatan Anda. Untuk menjawab pertanyaan yang anda ajukan, akan kami bahas terlebih dahulu mengenai penyakit Fatty Liver.

Lemak dalam jumlah sedikit di liver (hati) merupakan hal yang normal. Namun bila jumlah lemak mengambil 5% - 10% berat dari liver Anda, maka kemungkinan besar Anda memiliki kondisi yang dinamakan Fatty Liver (Perlemakan Hati).

Secara umum, fatty liver dapat disebabkan oleh alkohol, obesitas, diabetes mellitus, konsumsi obat kortikosteroid, hiperlipidemia, dll. Pada fatty liver yang tidak terlalu berat, terkadang tidak dibutuhkan penanganan apapun. Namun, kontrol berat badan, diet rendah lemak dan olah raga terkadang dapat memberikan hasil yang baik dan mengurangi perjalanan perkembangan fatty liver.

Anda terlebih dulu perlu mengetahui apa yang menyebabkan kondisi fatty liver Anda dan menghindarinya agar tidak terjadi perburukan. Anda juga perlu menjalankan pola hidup sehat, dengan:

  1. Makan teratur  dan bergizi
  2. Istirahat cukup
  3. Olahraga (3-4x/minggu, @30 menit)
  4. Tidak merokok
  5. Jalani hidup dengan santai dan hindari stres

Anda juga perlu menghindari makanan-makanan berikut untuk menjaga kadar lemak dalam darah Anda terkontrol:

  • Hindari makan goreng-gorengan

  • Makanan dengan kandungan tinggi lemak

  • Hindari alkohol

  • Hindari makanan yang akan memperberat penyakit yang menjadi penyebab terjadinya fatty liver pada diri anda

  • Tingkatkan konsumsi sayur dan buah-buahan

Adanya keluhan nyeri pada pinggang kanan dapat berhubungan dengan penyakit ini. Hati terletak pada rongga perut bagian kanan atas. Sehingga bila terjadi gangguan, maka nyeri yang dirasakan bisa saja menjalar hingga pinggang kanan.

Sedangkan keluhan BAB Berdarah dan nyeri kepala yang anda rasakan bisa saja berhubungan, namun bisa juga disebabkan oleh penyebab lain. Untuk itu sebaiknya anda rutin kontrol kepada dokter anda, agar perjalanan penyakit dapat dievaluasi berikut dengan respon terapi yang diberikan dokter Anda.

Sebagai informasi tambahan Anda, Anda dapat mengunjungi Rubrik Kolesterol yang kami miliki. Kami sertakan artikel yang dapat Anda baca : Perlemakan Hati - Fatty Liver

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar