Sukses

Sunscreen dan Krim Malam Untuk Kulit Berminyak

13 Feb 2015, 17:06 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok,Perlukah memakai cream malam&sunscreen? Muka saya berminyak&kadang berjerawat Jika memang perlu cream malam&sunscreen apa yg cocok untuk kulit saya Terimakasih

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pemakaian krim wajah pada malam hari sangat efektif untuk memberi nutrisi ke dalam kulit, sehingga kulit tampak lebih sehat. Kulit yang sehat adalah kulit yang halus, tidak memiliki benjolan seperti jerawat ataupun keriput, dengan warna yang rata tanpa ada bintik gelap, tidak kering karena terhidrasi dengan cukup, serta memiliki sensasi dan sensitivitas normal. Oleh karenanya pengunaan pelembab bergantung pada kebutuhan kulit Anda.

Setiap krim pelembab memiliki kandungan dan kegunaan masing-masing. Biasanya krim wajah untuk malam hari, mengandung lebih banyak moisturizer. Untuk memilih pelembab Anda dapat memilih pelembab yang non-komedogenik yang khusus untuk kulit berminyak atau yang tidak menyumbat pori-pori. Namun penggunaan krim tersebut tentunya harus sesuai dengan jenis kulit. Sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin terlebih dahulu sebelum memulai menggunakan suatu produk agar kulit Anda dapat diperiksa dan diketahui jenis krim yang cocok bagi kulit Anda.

Sementara mengenai sunscreen, perlu diketahui terlebih dahulu mengenai fungsinya yaitu melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet. Terdapat dua jenis sinar UV yang dapat membahayakan kulit: UVA dan UVB. Broad-spectrum sunscreen dapat melindungi Anda dari keduanya. Sinar UVA dapat mempercepat tanda-tanda penuaan pada kulit Anda seperti kerut dan bintik-bintik penuaan. Sedangkan sinar UVB dapat membuat kulit Anda terbakar. Tingginya paparan terhadap kedua sinar ini dapat berpotensi menjadi kanker kulit.

SPF atau sun protection factor adalah indikator seberapa baik sunscreen dapat memantulkan sinar UVB. Jadi SPF itu bukanlah bahan kandungan melainkan indikator. Secara teoritis, sunscreen yang terbaik memiliki kadar SPF yang paling tinggi. Namun hal tersebut adalah jika diaplikasikan dengan tepat. 

Dibandingkan dengan Anda memilih sunscreen yang mengandung SPF tinggi, ada baiknya jika Anda memilih broad-spectrum sunscreen yang dapat melindungi Anda dari sinar UVA dan UVB.  

SPF yang dianjurkan digunakan untuk kulit Asia dengan iklim tropis seperti Indonesia adalah minimal SPF 30. Dengan catatan, Anda adalah seseorang yang lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan. Berbeda dengan Anda yang sering beraktivitas tinggi di luar ruangan. Misalkan seorang nelayan yang dari pagi hingga sore hari terus menerus berada di laut tanpa adanya pelindung dan terpapar sinar matahari langsung. Nah, seperti ini tentu tidak cukup bila hanya menggunakan tabir surya yang ber SPF 30. Tentu dibutuhkan SPF yang tinggi misalnya SPF 50. Hal tersebut tergantung dari seberapa lama Anda terpapar sinar matahari. Jika Anda menggunakan kosmetik yang sudah mengandung sunscreen seperti: pelembab, foundation atau lipstick, Anda dapat mengaplikasikan ulang kosmetik setiap 2 jam ketika sedang berada di luar ruangan. Untuk kulit berminyak, pilihlah jenis sunscreen yang oil free atau sunscreen khusus kulit berminyak.

 

Berikut kami lampirkan beberapa artikel yang dapat menambah wawasan Anda mengenai kesehatan kulit wajah :

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar