Sukses

Cara Mengeluarkan Air Yang Masuk Ke Telinga

20 Jan 2015, 19:22 WIB
Pria, 17 tahun.

Gimana caranya mengeluarkan air yang masuk ketelinga??

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apabila jumlah cairan yang masuk ke dalam telinga sedikit dan tidak menimbulkan keluhan seperti telinga berdengung, maka Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat memiringkan kepala Anda agar telinga menghadap ke bawah supaya air dapat turun. Keluhan yang sering terjadi pada kasus kemasukan air adalah telinga terasa berdengung. Apabila hal tersebut terjadi pada Anda, kemungkinan dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab.

Terdapat kemungkinan adanya kotoran telinga atau serumen yang menumpuk, mengeras dan mengembang karena kemasukan air. Serumen yang seperti itu dapat menyebabkan keluhan telinga mendengung dan harus dibersihkan terlebih dahulu. Selain dikarena serumen, penyebab lainnya dapat berasal dari infeksi telinga, penyakit yang berhubungan dengan syaraf telinga ataupun gangguan pada bagian gigi dan mulut serta rahang.

Sementara ini Anda dapat berusaha membersihkan telinga Anda dengan cotton bud. Apabila keluhan Anda tetap tidak menghilang, kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT). Jangan memberikan obat tetes telinga tanpa konsultasi ataupun pemeriksaan langsung dengan dokter.  Pemberian obat tetes terutama pada mereka dengan gangguan pada gendang telinga dapat berakibat fatal dan merusak fungsi pendengaran. 

Berikut terdapat artikel untuk menambah informasi Anda :

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar