Sukses

Menunda Kehamilan

01 Apr 2015, 10:27 WIB
Pria, 29 tahun.

Dok istri sy lg menyusui..anak usia 1thn.. dan blum men istri sy..klo berhub apa bs hamil dok.. soalny kt rencna pnya ank 3 thun lg dok.. mksh dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Jika Anda ingin menunda kehamilan dengan metode alami, Anda dapat menggunakan metode KB alami dengan sistem kalender, dengan sebelumnya memperhatikan masa subur. Jika ingin menggunakan KB kalender, Anda harus memiliki siklus menstruasi yang teratur.

Kehamilan dapat terjadi jika Anda dan pasangan berhubungan seksual dengan melakukan penetrasi penis ke dalam vagina yang disertai dengan ejakulasi di dalam vagina pada saat masa ovulasi. Ovulasi adalah waktu keluarnya telur dari indung telur dan siap dibuahi oleh sel sperma dari laki - laki. Waktu terjadinya ovulasi diperkirakan 2 minggu sebelum terjadinya menstruasi berikutnya pada wanita dengan siklus haid normal (28 hari).

Untuk mengetahui masa subur, perlu diketahui siklus menstruasi selama 3-6 bulan terakhir. Siklus menstruasi diketahui dengan cara menghitung jarak hari dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Untuk menghitung masa subur, dibutuhkan minimal pola menstruasi 3 bulan terakhir,misalkan pola menstruasi seseorang dari Januari hingga April adalah 31 hari, 28 hari, 33 hari. Kemudian dibuat rata-ratanya. Karena rata-ratanya menghasilkan 31 hari, maka masa suburnya (ovulasi) akan terjadi pada 15-16 hari sebelum hari pertama menstruasi yang akan datang bulan berikutnya.

Setiap metode pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, demikian juga dengan sistem kalender. Kelebihan dari metode kontrasepsi ini adalah, karena sifatnya yang tidak menggunakan obat obatan maupun alat, maka sesungguhnya metode ini sangat alamiah, tidak memiliki efek samping, dan tentunya tidak akan menggangu kenikmatan bercinta bagi pasangan. Namun  kekurangan dari sistem ini yakni sistem ini hanya dapat diterapkan bagi wanita wanita yang memiliki siklus haid yang teratur setiap bulannya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar