Sukses

Bahayakah Rahang Berbunyi ?

17 Jan 2015, 16:27 WIB
Pria, 25 tahun.

Dok, ketika saya ke dokter gigi, kata dokter rahang saya nge klik.. Apakah itu berbahaya dok? Ngeklik jika membuka lebar mulut saya.. Sebelumnya terimakasih..

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah mengunakan layanan e-konsultasi.

Saya memahami kekhawatiran Anda. Keadaan yang Anda alami ini dapat diarahkan pada  kemungkinan terjadinya  kelainan sendi rahang atau temporo mandibular disorder (TMD), yang penyebabnya sebenarnya belum dapat dipastikan tetapi biasanya dikaitkan dengan beberapa hal seperti bruxism yaitu kebiasaan mengerat gigi saat tidur, kebiasaan tidur pada satu sisi, trauma/benturan atau kebiasaan berpangku tangan pada satu sisi. Anatomi wajah yang tidak normal juga dapat menyebabkan kelainan, misalnya rahang yang miring sejak lahir, sehingga gigitan tidak normal. 

Banyak sekali kemungkinannya, oleh karena itu Saya sarankan Anda berkonsultasi secara lansung ke dokter gigi agar dapat diperiksa secara komprehensif, apabila ada obat yang harus dikonsumsi pun itu dilakukan berdasarkan resep dokter setelah dilakukan pemeriksaaan. Penanganannya bergantung pada penyebab TMD, bisa membutuhkan koreksi rahang dengan cara pembedahan, bisa juga tidak atau bisa jadi membutuhkan perawatan orthodontik, bila kelainan berasal dari posisi gigi yang tidak normal. Ada baiknya Anda konsultasi ke dokter gigi spesialis prosthodontik yang mempelajari TMJ secara lebih mendalam.

Berikut artikel terkait yang dapat Anda baca.

Gangguan Sendi Rahang - Temporo Mandibular Disorder

Oral Fisioterapi Bagi Pasien Kelainan Sendi Rahang

Waspadai Telinga Berdengung!

Demikian informasi yan dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar