Sukses

Gusi Bengkak Saat Menstruasi

17 Aug 2015, 18:22 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok... saya ingin bertanya, sudah beberapa bulan ini saya mengalami hal aneh, setiap kali saya datang bulan gusi geraham bagian kiri saya selalu mengalami bengkak dan rasanya sangat sakit sampai-sampai sulit buat mengunyah,tetapi jika menstruasinya sudah berhenti bengkak pada gusi geraham bagian kiri saya ikutan sembuh,dan hal ini sudah terjadi selama 6 bulan. Apa yang menyebabkan bisa seperti itu dok? dan apa yang seharusnya saya lakukan? terimakasih dok,saya tunggu jawabannya.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Kondisi yang anda alami memiliki prinsip yang sama dengan timbulnya sariawaan saat menstruasi.  Pada saat wanita akan memasuki masa menstruasi di mana terjadi perubahan hormonal sehingga lebih rentan terhadap iritasi. Gangguan hormonal inilah yang diduga kuat sebagai faktor yang menjadi pemicu atau pencetus sariawan, dan juga bengkak pada gusi.

Dalam penanganannya dapat diberikan obat-obatan bila sangat mengganggu. Untuk mendapatkan obat tersebut, berkonsultasilah langsung dengan dokter terdekat. Penggunaan obat kumur chlorhexidine dapat membantu mempercepat penyembuhan. Namun penggunaan obat ini secara jangka panjang dapat menyebabkan perubahan warna gigi menjadi kecoklatan.

Sedangkan untuk mencegahnya, jagalah kebersihan rongga mulut dengan rutin menyikat gigi hingga sela-sela gigi agar tidak ada makanan yang tersangkut yang dapat menjadi faktor resiko terjadinya bengkak pada gusi.

Sebagai tindakan pencegahan, anda dapat melakukan upaya berikut ini;

 

  1. Hindari stress yang berlebihan, dan tingkatkan kualitas tidur minimal 8 jam sehari. Tidur yang berkualitas bukan hanya dilihat dari lamanya waktu tidur. Tidur dalam kondisi banyak beban pikiran atau stress dapat menurunkan kualitas tidur.
  2. Perbaiki pola makan. Pola makan dan diet yang sehat tidak hanya akan mencegah sariawan namun juga meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Perbanyak sayuran hijau dan buah yang kaya akan asam folat, vitamin B-12 dan zat besi. Bila sedang menderita SAR, hindari makanan yang pedas dan asam.
  3. Jaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar