Sukses

Sel Telur Kecil

17 Aug 2015, 19:03 WIB
Wanita, 26 tahun.

Siang dok, sy seorang pengantin baru, nikah bulan Oktober 2014. Udh kepengen bgt punya momongan, sudah ke dokter SpOG, dan setelah di USG intip ternyata masalahnya ada pd sel telur sy yg diameternya agk kecil, disuruh minum profertil dan Folavit sm dokter sy. Selain 2 jenis obt tsb, ada lg ga dok vitamin yg menunjang promil sy? Trus untuk suami sy, bagusnya mengkonsumsi vitamin apa? Makasih sebelumnya, God Bless....

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah Anda memiliki penyakit PCOS (Policystic Ovarian Syndrome)? Biasanya wanita dengan PCOS memiliki ukuran sel telur yang kecil. Ukuran sel telur yang matang (siap untuk dibuahi) adalah 18 - 25 mm. Perkembangan folikel (sel telur) sangat dipengaruhi oleh hormon estrogen. Jika terdapat gangguan dalam proses sintesis hormon ini, maka dapat menyebabkan gangguan perkembangan folikel. Dokter juga biasanya akan melakukan pemeriksaan kadar gula darah dan insulin karena PCOS dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah.

Proses ovulasi dipengaruhi oleh pengeluaran hormon estrogen dan progesteron yang dipengaruhi oleh kelenjar hipofisis dan hipothalamus di otak. GnRH merangsang kelenjar hipofisis memroduksi hormon FSH-LH, kemudian FSH dan LH merangsang indung telur (ovarium) untuk memroduksi hormon estrogen dan progesteron. Jika jalur tersebut berjalan baik maka dapat terjadi proses ovulasi atau telur siap untuk dibuahi.

Prolaktin merupakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar hipofisis di otak. Kadar prolaktin tinggi akan menghasilkan reaksi umpan balik negatif dan membatasi produksi hormon GnRH dan FSH yang berperan dalam proses ovulasi. Kedua hormon ini juga bertanggung jawab terhadap pertumbuhan sel telur. Bila kadar prolaktin dalam badan tinggi, ovulasi tidak akan terjadi dan menyebabkan susah hamil.

Ada beberapa jenis obat yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi masalah gangguan ovulasi, namun obat ini harus diresepkan dan berada di bawah pengawasan dokter. Apa yang diberikan oleh dokter anda kami rasa sudah cukup sebagai terapi anda. Jika anda berencana untuk menambah obat sendiri, sebaiknya diskusikanlah terlebih dahulu dengan dokter anda sebelum menggunakannya.

Berikut kami sertakan artikel berjudul Sepuluh Cara Meningkatkan Kesuburan untuk menjawab pertanyaan Anda mengenai hal yang bisa membuat wanita menjadi lebih subur.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar