Sukses

Lidah Mati Rasa

17 Aug 2015, 19:14 WIB
Wanita, 20 tahun.

siang dokter,ibu saya seorang wanita berusia 52 thn mengalami darah rendah dan tiba2 lidahnya tidak bisa mengecap rasa makanan,apa ya dokter solusinya...??? terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Lidah kita dapat berfungsi sebagai indera pengecapan dengan adanya ribuan tonjol-tonjol kecil yang disebut kuncup pengecap di permukaannya. Sensor rasa yang ada di lidah kita dapat membedakan rasa manis, asin, asam dan pahit.  Pedas bukanlah suatu rasa, yang terjadi sebetulnya adalah sensasi panas dan terbakar dari kuncup pengecap kita.

Kemungkinan yang terjadi pada ibu Anda adalah telah terjadi kerusakan pada kuncup pengecap di lidah. Ada banyak faktor penyebab di antaranya adalah bagian dari penuaan, kebersihan mulut yang buruk, pasien yang mengalami xerostomia (mulut kering), pasien yang sedang menjalani kemoterapi, atau sedang mengkonsumsi obat tertentu. Namun dari suatu laporan kasus, hilangnya kemampuan pengecapan pada lidah juga dihubungkan dengan pemakaian gigi tiruan dari akrilik, terutama jika pembuatannya tidak benar. Pada umumnya, tukang gigi menggunakan bahan resin akrilik yang berwarna merah muda menyerupai gusi, yang ditempelkan langsung pada gigi atau gusi. 

Adakah Faktor resiko yang disebutkan diatas yang dimiliki oleh ibu Anda?

Untuk memastikannya kami sarankan Ibu Anda untuk segera berkonsultasi secara langsung ke dokter gigi agar dapat dipastikan apa penyebab dari gangguan pada lidah yang ibu Anda rasakan. Dengan demikian dapat dilakukan langkah yang tepat untuk menghilangkannya. Kehilangan kemampuan pengecapan dapat dipulihkan, bergantung pada tingkat kerusakannya. Semakin cepat ditangani semakin baik pula angka kesembuhannya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar