Sukses

Pusing Karena Terlalu Sering Berada di Depan Komputer

20 Feb 2015, 10:38 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok saya mau tanya ? saya mengalami keluhan mata terasa berat lelah panas di sertai dengan kepala pusing dan pada leher belakang terasa nyeri..? sehari hari aktipitas saya di depat kmptr. kira kira penanganan dan pengobatannya gmana dok ? tnks

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kehawatiran yang Anda rasakan. Melihat komputer terus menerus benar dapat menyebabkan mata lelah sehingga sulit fokus/pandangan kabur, pedih, silau dan dapat juga mengalami pusing atau sakit kepala. Fenomena ini dikenal sebagai computer vision syndrome. Normalnya setiap orang akan mengedip sekitar 18x setiap menitnya yang berguna untuk membantu menyegarkan mata. Ternyata ketika kita sedang menatap layar komputer, kemampuan mata untuk mengedip hanya setengahnya, sehingga mata mudah kering, lelah, gatal dan pedih. Penglihatan merupakan sistem yang penting dan harus dijaga kesehatannya. Jika mata terlalu lelah digunakan untuk membaca dekat maka dapat menurunkan fungsi penglihatan lebih cepat. Untuk itu gunakan mata untuk melihat komputer secara terbatas. Selain itu, posisi duduk yang salah dan sama terus menerus tentu saja dapat menyebabkan nyeri pada daerah punggung, bahu, atau leher.

Ikuti langkah-langkah sebagai berikut untuk melindungi mata Anda:

  • Pastikan kacamata atau lensa kontak Anda aman untuk melihat monitor komputer. Pastikan ukurannya, masih sesuai atau tidak.

  • Posisikan monitor komputer Anda selevel dengan mata supaya Anda tidak menunduk.

  • Gunakan anti-glare screen untuk menghindari mata silau.

  • Seringlah berkedip untuk mencegah mata kering.

  • Setiap 20 menit, istirahatkan mata Anda dengan melihat sejauh 20 kaki selama 20 detik sehingga mata dan otot-otot mata tidak terlalu lelah dalam bekerja untuk melihat dekat.

Bila Anda sudah mengikuti tips di atas dan tetap tidak mengalami perbaikan, maka sebaiknya Anda memeriksakan mata ke dokter spesialis mata agar dapat ditentukan penyebab mata lelah yang Anda alami. Apakah terdapat kondisi medis yang mendasari atau tidak sehingga Anda bisa mendapat penanganan yang optimal.

Untuk tips bekerja dengan komputer, kami sertakan artikel: 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar