Sukses

Gigi Sakit Ketika Ditekan

16 Jan 2015, 11:33 WIB
Wanita, 22 tahun.

dok, gigi sy sudah 3hari sakit. awalny ngilu tp sebentar2 hilang kemudian muncul lg. gigi yg sakit itu brlubang kecil dok. tp bukan cuma gigi itu saja yg sakit. gigi sebelahny jg sakit. pdhal tidak bolong. keudian sy obati dgn cengkeh sembuh dok. tp besok paginy sakitny malah pindah ke gigi geraham disebelahny. kbetulan gigi ini prnah tambal. tp keluhan sakitnya beda dok. tidak ngilu tp sakit klau ditekan. bagaimana solusinya dok. trimakasih sblumnya.

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya turut prihatin atas kondisi yang Anda alami dan memahami kekhawatiran Anda. Gigi yang berlubang mempunyai beberapa gejala seperti rasa sakit dari rasa sakit yang ringan sampai rasa sakit yang cukup hebat, rasa sakit berdenyut yang cukup mengganggu dan rasa ngilu. Rasa ngilu pada gigi berlubang menandakan bahwa kerusakan atau lubang pada gigi telah mencapai lapisan dentin, yang merupakan lapisan dibawah email gigi.

Perlu Anda ketahui bahwa gigi yang berlubang tidak boleh dibiarkan tanpa perawatan oleh dokter gigi. Perawatan yang tepat akan ditentukan setelah dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh  dokter gigi. Perawatan yang diindikasikan untuk menangani gigi berlubang adalah dengan penambalan atau dengan restorasi lainnya yang sesuai dengan kondisi gigi, pada gigi yang lubangnya telah mencapai kamar saraf gigi maka terlebih dahulu dilakukan perawatan saluran akar. Rasa sakit yang terjadi ketika ada tekanan pada gigi dapat mengindikasikan adanya infeksi atau kelainan pada jaringan pendukung gigi yaitu jaringan dibagian akar gigi.

Sebaiknya segera periksakan keadaan Anda ke dokter gigi agar bisa mendapatkan terapi yang tepat dan menghilangkan gangguan yang Anda alami.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

2 Komentar