Sukses

Penggunaan Obat yang Memiliki Kandungan Pseudoephedrine

03 Jun 2015, 10:08 WIB
Pria, 50 tahun.

Dokter saya mau tanya saya setiap kali mau pilek selalu minum lafiped tablet hanya malam saja satu kali minum, bsk pagi nya sdh sembuh. Yg sy mau tanyakan apakah sering minum obat tsb ada efeknya di kemudian hari. apakah lafiped jenis obat keras. Saya minum obat tsb hanya klo mau pilek saja, dan minum nya hanya sekali saja malam. besoknya tidak minum lagi. Terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Merujuk pada pertanyaan Anda, Obat yang Anda maksud merupakan obat dengan simbol logo di kemasan berupa obat keras karena memiliki kandungan pseudoephedrine dimana maksud dari logo tersebut memiliki arti bahwa obat boleh diberikan atas resep dan pengawasan dari dokter. Obat tersebut memiliki kandungan Tripolidine HCL 2,5 mg, Pseudoephedrine 60 mg.  

Pseudoephedrine sendiri digunakan sebagai nasal decongestal yaitu untuk meredakan hidung tersumbat. Efek samping yang dapat muncul yaitu tremor (gemetar), gejala sulit tidur, detak jantung tidak teratur, meningkatnya tekanan darah, hilang nafsu makan, dan mulut terasa kering.Namun efek samping perlahan akan hilang ketika pemakaian obat dihentikan. 

Penggunaan obat tersebut jika tidak digunakan dalam jangka waktu yang panjang tidak masalah namun akan lebih baik jika Anda hendaknya menggunakan obat atas pengawasan dari dokter, dan jika setelah mengkonsumsi terdapat gejala penyerta sebaiknya obat dihentikan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar