Sukses

Hidrokel Pada Pria Dewasa

19 Aug 2015, 08:59 WIB
Pria, 23 tahun.

selamat sore dokter.. maaf saya mau konsultasi, pada tanggal 5 january 2015 kemarin saya operasi hidrokel di testis kiri tapi hingga skrg tanggal 15 januari 2015 testis kiri saya masih sedikit lebih besar dan keras. apakah kesembuhan setelah operasi hidrokel membutuhkan waktu yang cukup lama ? apakah akan ada dampak setelah saya kena hidrokel meskipun sudah operasi ? dan kenapa setelah operasi jika batuk keluar darah terus bersama lendir bahkan pada saat setelah operasi sangat banyak darah jika mengeluarkan dahak di tenggorokan ? mohon jawabannya dok dan terimakasih banyak ..

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Hidrokel adalah penumpukan cairan yang berlebihan di rongga skrotum . Dalam keadaan normal, terdapat produksi cairan di rongga skrotum yang diimbangi oleh penyerapan kembali oleh sistem limfatik sekitarnya. Kelainan ini ditemukan pada 80-90% bayi laki-laki, 90 -95% di antaranya akan menghilang spontan sebelum usia 2 tahun.  Hidrokel juga ditemukan pada satu dari seratus laki-laki dewasa, biasanya terjadi setelah usia diatas 20 tahun.

Penyebabnya dapat merupakan kelainan bawaan, kelainan yang didapat pada testis atau epididimis (sehingga menyebabkan akumulasi cairan pada rongga skrotum), tumor, infeksi, atau trauma pada testis/epididimis,  yang merupakan penyebab hidrokel pada penderita dewasa.

Faktor resiko apa yang sekiranya anda miliki sebagai penyebab hidrokel Anda?

Prinsip utama penanganan hidrokel adalah dengan mengatasi penyebab yang mendasarinya. Penanganannya dapat dilakukan dengan metode aspirasi-skleroterapi (menyedot cairan) atau dengan pembedahan.

Metode operasi apa yang Anda jalani?

Penyembuhan post-operasi hidrokel biasanya cepat, pasien dapat dilakukan rawat jalan 4-6 jam pasca operasi. Namun beberapa kondisi tertentu dapat dilakukan observasi di rawat inap 1-2 hari. Apabila menggunakan drainase, dapat dilepas 48-72 jam pasca operasi karena angka kejadian hematom pasca operasi rata-rata akan muncul pada 48 jam pasca operasi. Pasca operasi, dapat digunakan scrotal support untuk melindungi skrotum dari mobilisasi yang berlebihan. Pada dewasa, aktivitas olahraga harus dibatasi hingga selama 4-6 minggu pasca operasi

Komplikasi tersering pada operasi hidrokelektomi adalah hematoma. Komplikasi lainnya adalah infeksi, bengkak yang persisten, rekurensi dan nyeri kronik.

Untuk itu kami anjrkan Anda melakukan pemeriksaan kontrol rutin pasca operasi kepada dokter Anda untuk mengevaluasi luka operasi dan perjalanan kesembuhannya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar