Sukses

Penyebab Keguguran, Nyeri Pasca Kuretase dan Kapan Bisa Hamil Lagi

20 Aug 2015, 19:13 WIB
Wanita, 28 tahun.

Tgl 12 januari kemarin saya mengalami keguguran dan twlah dikuret. Dr pagi sampai siang perut terasa sakit seperti haid.knp itu bisa terjadi dok? Apa penyebab keguguran yang saya alami ?.kalau misalkan untuk hamil lagi bisa langsung setelah satu bulan berlalu?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Sekitar 10-15% dari kehamilan akan mengalami keguguran oleh berbagai sebab. Sebab yang paling sering (sekitar 60%) adalah adanya kelainan kromosom berat pada embrio (atau janin) sehingga embrio tersebut tidak dapat berkembang normal dan akhirnya akan gugur. Sebagian lagi keguguran disebabkan oleh kelainan bentuk/kelainan pada rahim, gangguan sirkulasi darah (mis.Thrombophilia), faktor imunologik, kekurangan hormon, infeksi, dll.

Secara medik baru dianggap bermasalah jika keguguran terjadi berulang (habitualis), yaitu keguguran yang terjadi 3 kali atau lebih. Berapa kali anda mengalami keguguran? Untuk mencegah tentunya perlu dikenali faktor resiko apa saja yang anda miliki dan menghindarinya. Bila penyebabnya adalah Faktor kromosom tentu tidak ada tindakan pencegahannya. Faktor lain umumnya bisa dievaluasi dan diperbaiki kalau memang ada, misalnya: faktor sirkulasi darah, infeksi, kelainan pada uterus. Sebaiknya anda kembali berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan anda untuk mengetahui faktor resiko apa saja yang anda miliki.

 

Pada umumnya setelah 1 hingga 2 minggu dari kuret, darah sudah tidak keluar lagi. Penting juga untuk diperhatikan apakah jumlah darah sampai sekarang makin berkurang atau tetap sama jumlahnya? Apakah anda sudah memeriksakan kondisi rahim anda pasca kuret? BIla belum maka kami sarankan anda memeriksakan diri kembali untuk mengetahui kondisi rahim anda pasca pengobatan yang telah dijalani.

Tujuan pemeriksaan kondisi rahim setelah mengalami keguguran adalah untuk mengetahui kondisi rahim dan apakah ada jaringan janin yang masih tertinggal di dalam rahim.jika terdapat  jaringan-jaringan sisa, jaringan-jaringan mati yang jika tidak dibersihkan dapat menyebabkan infeksi.

Penting untuk diketahui bahawa 1 minggu pasca kuret pasien harus datang kontrol kembali ke dokter untuk dilakukan evaluasi apakah ada komplikasi atau tidak.

Umumnya setelah satu minggu dari kuretase darah sudah tidak ada lagi. Jika tidak terjadi komplikasi, umumnya kesuburan akan kembali normal. Jika sudah mendapat haid lagi berarti fungsi organ reproduksi sudah kembali normal dan sudah boleh hamil lagi. Jika seorang dikuret, seorang perempuan akan mulai berovulasi 2 - 3 minggu setelah tindakan kuretase, sehingga sebetulnya dapat segera hamil. Namun, dianjurkan agar Anda menunda kehamilan berikutnya selama kurang lebih 3 bulan, hingga organ reproduksi Anda kembali ke bentuk semula dan Anda telah siap secara fisik dan emosi untuk hamil lagi

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar