Sukses

Gangguan Sendi Rahang

15 Jan 2015, 18:24 WIB
Pria, 32 tahun.

dok, saya mempunyai sendi rahang, untuk terapi di rumah biasanya menggunakan apa yah dok? apakah bisa di kompres dengan es batu? atau apakah ada obatnya dok? karena sudah sangat mengganggu telinga, menyebabkan saya pusing, dan tidak enak diarea wajah..

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya turut prihatin atas kondisi yang Anda alami. Dalam hal perlu ditelusuri dulu apakah kondisi pasti yang terkait gangguan yang Anda rasakan, apakah benar terkait dengan gangguan pada sendi rahang. Biasanya gangguan sendi rahang atau TMD ini disertai sakit atau rasa tidak nyaman pada saat membuka mulut lebar sepeti menguap atau timbulnya suara seperti "klik" saat membuka mulut.

Gangguan sendi rahang cukup luas kemungkinan penyebabnya, oleh sebab itu Anda sebaiknya berkonsultasi secara langsung dengan dokter gigi, lebih baik ke dokter gigi spesialis prosthodonti (drg. Sp.Pros) yang lebih mendalami masalah TMJ. Melalui konsultasi secara langsung, dokter gigi dapat menganamnesa (wawancara untuk memperoleh riwayat medis pasien secara lengkap dan detil), dan melakukan pemeriksaan secara klinis, jika perlu dibantu dengan pemeriksaan penunjang seperti radiograf (foto rontgen), baru diagnosa dapat ditegakkan lalu dibuat rencana perawatan yang sesuai.

Perawatan yang dapat dilakukan bergantung pada masing-masing kasus, dan pada kondisi yang Anda alami ini sebaiknya periksakan keadaan tersebut guna mengetahui tingkat keparahannya dan mendapatkan terapi yang tepat dari dokter gigi.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar