Sukses

Diet Pasca Operasi Kantung Empedu

20 Mar 2015, 12:04 WIB
Wanita, 40 tahun.

saya habis di oprasi batu empedu termasuk kantong empedunya,makanan & buah apa yang sebaiknya saya konsumsi?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Izinkan kami menjelaskan terlebih dahulu tentang batu empedu sebelum menjawab pertanyaan Anda. Penanganan batu empedu dapat berupa pengobatan dan operasi. Pada penanganan dengan pengobatan (menghancurkan atau melewatkan batu empedu ke saluran cerna selanjutnya) maka terdapat kemungkinan untuk terjadi kekambuhan. Hal ini berkaitan karena kandung empedu masih ada, sehingga dapat terjadi batu kembali. Kekambuhan juga lebih sering terjadi pada pasien yang pernah mengalami batu empedu multipel.

Batu empedu terbentuk dari penumpukan komponen cairan empedu dalam kandung empedu yang mengkristal membentuk batu. Hal-hal yang mempengaruhi terjadinya batu empedu adalah:

1. Kegemukan, penurunan berat badan yang terlalu cepat (lebih dari 1,5 kg per minggu), berat badan yang tidak stabil

2. Wanita

3. Usia 

4. Keturunan

Diet untuk penderita batu empedu adalah mengurangi makanan yang berlemak/ diet rendah lemak. Penanganan operasi pada batu empedu merupakan penanganan utama terbaik pada batu empedu yang memberikan gejala (misal: nyeri, mual muntah). Penanganan ini merupakan pilihan di mana kekambuhan lebih jarang terjadi dan keluhan nyari pasien biasanya menghilang sempurna. Sehingga dengan indikasi yang benar, maka operasi kandung empedu merupakan alternatif yang terbaik ketimbang modalitas lainnya. Lama penyembuhan pasca operasi adalah sekitar 1-3 minggu. Diskusikanlah dengan dokter yang menangani Anda mengenai kemungkinan tindakan operasi ini.

Mengenai buah-buahan yang dapat dikonsumsi pasca operasi, Anda dapat mengkonsumsi buah apa saja. Tidak ada patokan harus buah tertentu saja. Makanlah buah yang Anda suka minimal 2-3 porsi buah yang berbeda setiap harinya. ?Selain buah-buahan sebaiknya Anda juga memperbanyak konsumsi sayut-sayuran.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar