Sukses

Ejakulasi Dini dan Kerontokan

02 Mar 2015, 11:34 WIB
Pria, 25 tahun.

dok,apakah ada kaitannya ejakulasi dini dgn kerontokan rambut??? barang kali tidak seimbangnya hormon membuat rambut menjadi botak,mohon di share,rambut saya rontok lebat dan menderita ejakulasi dini... maaf jika menggunakan akun palsu utk menjaga kerahasiaan..

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. 

Sebagian besar kasus ejakulasi dini tidak diketahui secara pasti penyebabnya. Penelitian menyebutkan bahwa faktor psikologis seperti kecemasan berlebih, depresi, stres, dan rasa bersalah dapat menyebabkan ejakulasi dini. Pada beberapa kasus, gangguan kesehatan seperti gangguan keseimbangan hormonal, penyakit diabetes melitus, gangguan saraf dan pembuluh darah merupakan penyebab dasar dari ejakulasi dini.

Pada beberapa kasus, ED akan membaik seiring dengan waktu dan bersamaan dengan terselesaikannya masalah emosi pria tersebut. Terapi pengobatan hanya diberikan bila memang gangguan organik atau keseimbangan hormon adalah penyebabnya.

Kebotakan dapat disebabkan berbagai macam penyebab, antara lain :

  • Infeksi kulit kepala

  • Stres emosional

  • Keturunan (genetik)

  • Autoimun : LUPUS

  • Depresi

  • Faktor fisis, misalnya tekanan pada bayi yang tidur pada satu sisi

  • Penyakit sistemik : sifilis, hipotiroid, hipertiroid

  • Obat : pil antihamil, metotreksat, siklosfosfamid, klorambusil

  • Pengaruh hormonal seperti progesteron, androgen, dan estrogen

Usia Anda saat ini adalah 25 tahun. Salah satu jenis kebotakan pada pria usia dewasa muda dikenal dalam dunia medis dengan Male Pattern Alopesia (Alopesia Androgenika). Kebotakan ini biasanya muncul pada akhir umur dua puluh atau awal umur tiga puluh. Rambut rontok dimulai dari puncak kepala sampai dengan bagian dahi. Rambut batas dahi menjadi mundur dan dahi terlihat lebar. Penyebab kelainan ini adalah keturunan yang dominan. Bila pasangan suami istri sama-sama menderita penyakit ini maka semua anak laki-laki dan setengah jumlah anak wanita akan mengalami hal yang sama. 

Bagaimana dengan kebotakan yang terjadi pada Anda? Apakah dari faktor yang disebutkan di atas ada yang sesuai dengan Anda? Ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan ejakulasi dini dan kebotakan. Namun, harus dipastikan dahulu apakah tidak terdapat penyebab lain dari ejakulasi dini dan kebotakan tersebut. Terapi untuk mengobati kebotakan antara lain menggunakan minoxidil, finasteride. Terdapat pula terapi lain seperti suntikan kortikosteroid ke kulit kepala. Namun tentu saja hal ini harus dilakukan oleh dokter spesialis kulit kelamin. Sebelum menentukan diagnosis harus dilakukan wawancara mendalam, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang. Sebaiknya Anda memeriksakan diri lebih lanjut dengan menghubungi dokter spesialis kulit dan kelamin.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar