Sukses

2 Kali Keguguran

20 Aug 2015, 22:30 WIB
Wanita, 23 tahun.

Pagi dokter.. Saya mau tanya, saya beberapa bulan yang lalu saat kehamilan ke 2 saya mengalami keguguran untuk yang kedua kalinya. keguguran yg pertama pada usia kandungan jalan 3 bulan, pada keguguran kedua baru masuk 6 minggu. kondisi tubuh saya sehari2 memang sering capek dan sakit. bagaimana ya dok cara untuk mencegah agar keguguran itu tidak terjadi?? dan bahaya atau tidak jika saya sudah dikuret dua kali bagi kandungan saya? krn saya takut dok kata orang kalau sering keguguran dan kuret bisa bikin kandungan kering dan susah punya anak lagi, apa itu benar dok?? kapan waktu terbaik saya untuk hamil lagi setelah keguguran ini dok?? terimakasih dokter atas perhatiannya.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami turut prihatin atas apa yang Anda alami karena sudah dua kali mengalami keguguran. Sebelum hamil lagi sebaiknya Anda konsultasi dulu dengan dokter penyakit dalam khusus hematologi (Hematolog) untuk evaluasi lebih detil kemungkinan penyebab keguguran atau kelainan pada janin. Juga sebaiknya berkonsultasi dengan dokter ahli genetik. Sebagian lagi penyebab keguguran berulang memang tidak diketahui. Untuk hamil lagi tentu sebaiknya setelah dilakukan evaluasi menyeluruh tentang kemungkinan penyebab keguguran berulang. Umumnya dalam keadaan normal boleh hamil lagi setelah 3 bulan.

Untuk itu juga Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda untuk mengkoordinasikan evaluasi yang menyeluruh dengan dokter-dokter ahli dari bidang-bidang terkait.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar