Sukses

Pasca Operasi Usus Buntu

15 Mar 2015, 06:04 WIB
Wanita, 31 tahun.

Suami saya 2 minggu yang lalu di operasi usus buntu. Operasi yang dilakukan operasi besar karena usus buntu sudah pecah. Skrg setelah 2 minggu masi keluar cairan dr jahitannya berwarna kemerahmudaan. Pertanyaan saya : 1. Apakah cairan itu normal? Menurut dokter itu cairan lemak 2. Sekarang suami saya diare. Dan buang angin bisa hanya kalau bersamaan dengan BAB. Apakah hal ini wajar?

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Pecahnya usus buntu disebut perforasi appendicitis dan merupakan kasus gawat darurat yang harus segera ditangani. 

Sekitar 0-1 minggu pasca operasi, luka biasanya masih basah, bisa timbul nyeri, dan keluar cairan dari luka. Hal tersebut wajar terjadi, lama-kelamaan luka akan mengering dan cairan yang keluarpun akan semakin berkurang. Proses penyembuhan luka operasi dapat memakan waktu antara 3-6 bulan. Sebaiknya, selama masa penyembuhan tidak dianjurkan untuk mengangkat barang berat dan mengedan agar tekanan didalam perut tidak meningkat dan menyebabkan luka kembali terbuka. Waktu penyembuhan yang diperlukan setelah operasi usus buntu juga bergantung pada prosedur, pemenuhan nutrisi, dan faktor psikologis setiap individu.

Dalam jangka waktu bulan seharusnya luka operasi baik di kulit maupun di dalam sudah sembuh dan tidak ada pantangan makanan. Minumlah cairan dalam jumlah yang banyak (> 2 liter per hari). Untuk menilai apakah proses penyembuhan luka berlangsung baik, tidak ada komplikasi, diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung. Maka dari itu sebaiknya periksakan ke dokter spesialis bedah untuk diagnosis dan terapi lebih lanjut.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar