Sukses

Diet Bagi Penderita Hepatitis

26 Aug 2015, 14:19 WIB
Pria, 20 tahun.

salam dok... saya punya penyakit hepatitis b,minta saran nya dok,apa makanan" yg bisa saya makan untuk menyembuhkan penyakit saya dok? trima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Untuk itu kami akan sedikit menjelaskan tentang penyakit Anda.

Hepatitis, ditandai dengan adanya pembengkakan dan perlunakan organ hati dan adakalanya dapat menyebabkan kerusakan permanen organ tersebut. Hepatitis umumnya disebabkan oleh virus dan terdiri dari beberapa jenis, antara lain hepatitis A, B, C, D, E, dan G. Jenis terbanyak yaitu A, B dan C. Semua jenis hepatitis memiliki gejala yang hampir sama tetapi berbeda dalam cara penularan dan komplikasinya.

Diantara semua jenis hepatitis, hepatitis B cenderung menimbulkan gejala dan komplikasi yang berat. Penularan hepatitis B terjadi melalui hubungan seksual dengan individu yang telah terinfeksi atau kontak dengan darah atau cairan tubuh individu yang terinfeksi virus hepatitis B (HBV). Virus ini juga dapat ditularkan kepada bayi yang lahir dari ibu yang terinfeksi HBV.

Sebagian besar orang dengan hepatitis B tidak memerlukan pengobatan yang khusus selain beristirahat dan mereka akan sembuh secara utuh. Apabila infeksi HBV bertahan lebih dari 6 bulan (infeksi hepatitis kronik), dapat diberikan obat antivirus yang disebut interveron alfa. Pengobatan ini bertujuan untuk mengurangi risiko terjadinya sirosis hati dan kanker hati. Untuk mendapatkan terapi tersebut anda perlu berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis penyakit dalam.

Apakah sebelumnya anda telah memeriksakan diri kepada dokter terdekat? penjelasan apa saja yang telah diberikan dokter anda mengenai kondisi kesehatan Anda saat ini?

Bagi penderita hepatitis, dan juga sebagai tindakan pencegahan dari penyakit ini, lakukanlah upaya berikut ini;

  • Cukup istirahat dan mengkonsumsi makanan yang bergizi
  • Hindari aktivitas fisik yang berat dan melelahkan
  • Cuci tangan sebersih mungkin sesudah menggunakan toilet agar tidak tercemar kuman.
  • Hindari mengkonsumsi makanan mentah atau yang dimasak setengah matang.
  • Jangan terlibat dakam kegiatan penyalahgunaan obat, terutama yang melibatkan penggunaan jarum suntik secara bergantian dengan orang lain.
  • Hindari atau tolak penggunaan jarum suntik, jarum tato, jarum akupuntur atau alat tindik lain yang tidak disterilkan atau diragujan kebersihannya.
  • Pada penderita, lakukanlah tindakan proteksi agar tidak menularkan penyakit kepada orang lain.
  • Hindari konsumsi minuman berakohol, juga pada masa penyembuhan, agar tidak menambah beban kerja hati yang sudah mengalami kerusakan.
  • Lakukan kontrol teratur selama terapi untuk menilai perkembangan penyakit. Hilangnya gejala tidak berarti penyakit sudah sembuh total. Selama virus hepatitis masih didapati dalam darah, individu yang bersangkutan masih dapat menularkan penyakitnya. Jika anda mengkonsumsi obat lain, beritahukan dokter anda, karena terdapat beberapa obat yang bersifat hepatotoksik.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar