Sukses

Infeksi Jamur Pada Vagina

31 May 2015, 22:27 WIB
Wanita, 23 tahun.

Selamat malam dokter saya mau menanyakan, sebelumnya saya mengalami perih pada mulut vagina saya bahkan untuk BAK saja terasa perih dan panas lalu saya kedokter kandungan dari dokter kandungan saya diberikan obat PK untuk berendam selama 10menit dan saya diberikan obat FLADYSTIN (metronidazole 500 mg, nystatin 100,000 IU) dimasukkan dalam vagina pada malam hari, yang ingin saya tanyakan apa penyebab perih pada vagina saya dengan obat yg diberikan dokter tersebut? Dan apa fungsi obat tersebut dok? Setelah saya berendam dgn PK tersebut selama 2hari berturut-turut sakitnya udah hilang apakah saya boleh menggunakannya lagi setelah saya sembuh? Mohon dijawab ya dok, saya ucapkan banyak-banyak terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Pengobatan yang anda sebutkan ditujukan untuk mengatasi infeksi jamur pada vagina. Kandidiasis merupakan istilah yang dipakai untuk infeksi jamur dari spesies Candida (Candida sp.), dengan jenis yang paling sering ditemukan adalah Candida albicans. Jamur ini dapat ditemukan dalam keadaan normal dalam jumlah kecil pada mulut, vagina, saluran pencernaan, dan kulit.

Dalam keadaan sehat, terdapat kuman lain dan sistem pertahanan tubuh yang menjaga berbagai kuman normal tubuh manusia. Bagaimanapun, pada keadaan dimana daya tahan tubuh menurun Candida akan semakin mudah berkembang dan menyebabkan infeksi pada organ tempat jamur tersebut berkembang secara normal. Faktor-faktor yang memengaruhi antara lain adalah diabetes, kehamilan, kekurangan zat besi, asam folat dan vitamin B12, kemoterapi, stres, serta penggunaan steroid jangka panjang.

Berdasarkan lokasi infeksinya, keluhan yang dapat ditimbulkan adalah:

  • Vagina : gatal, rasa terbakar, pembengkakan, keputihan
  • Mulut    : rasa tidak nyaman, terbakar, perubahan rasa pengecapan, terbentuk lesi putih pada dinding mulut
  • Saluran pencernaan: mual, nyeri menelan, diare, terbentuk lesi putih pada dinding saluran pencernaan
  • Kulit      : gatal, timbul lesi kulit khas

Jamur sangat menyukai tempat lembab sehingga Anda sebaiknya selalu menjaga kebersihan dan kelembaban di daerah vagina Anda. Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin yang menangani Anda untuk mengatasi keluhan Anda, karena pada dasarnya vagina swab merupakan pemeriksaan penunjang saja dalam menegakkan diagnosa suatu penyakit membutuhkan pemeriksaan fisik secara detail dan menyeluruh. 

Baca pula artikel berikut untuk menambah pengetahuan Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar