Sukses

Benjolan di Vagina & Nyeri Perut Kanan Bawah

16 Jan 2015, 09:02 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok knp di bagian dalam kelamin sy seperti ada benjolan. Tp sy tdk merasakan sakit. Sering membesar dan mengecil. Ini apa yah dok? Terus di bawah perut kanan sy sakit ngilu bgt barusan, sblmnya sy blom pernah rasakan. Tpi sblm nya td sy nahan kencing. Apa ini akibatnya?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Benjolan di dalam vagina dapat disebabkan oleh beberapa penyebab. Secara garis besar benjolan disebut tumor dalam istilah medis dan dibedakan menjadi tumor jinak atau ganas. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:  

  1. Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.

  2. Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina

  3. Lipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.

  4. Sarkoma: tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat.

  5. Adenocarcinoma Bartholin: tumor ganas dari kelenjar Bartholin  

Untuk mengetahui benjolan itu berbahaya atau tidak, diperlukan pemeriksaan ke dokter. Dari pemeriksaan fisik, Dokter akan dapat menduga benjolan tersebut ganas atau tidak, namun untuk mengetahui secara pasti, maka benjolan tersebut harus diangkat dan diperiksa di bawah mikroskop (histopatologi). Saran kami adalah Anda  memeriksakan diri ke dokter karena dibutuhkan informasi lebih jauh mengenai ukuran, bentuk, warna, rasa nyeri, lokasi tepat dll. Kelainan kulit dan kelamin memang memerlukan pemeriksaan langsung untuk diagnosis, oleh karena itu periksakan segera ke dokter.

Nyeri Perut Kanan Bawah

Dimana letak posisi pasti nyeri yang Anda rasakan? Sejak kapan Anda merasakan? Apakah baru kali ini terjadi?  Bagaimana gambaran rasa sakitnya (apakah nyeri tajam atau nyeri tumpul?) Adakah keluhan menyangkut BAK (buang air kecil)? Apakah terdapat keluhan demam atau mual/muntah? Apakah terdapat keluhan terhadap BAB (buang air besar)? Apa yang sudah Anda lakukan untuk mengatasi nyeri Anda dan bagaimana hasilnya?

Sulit untuk menentukan diagnosis kondisi kesehatan Anda saat ini dengan informasi yang terbatas. Nyeri perut bagian kanan bawah sering diakibatkan karena radang usus buntu (apendisitis) namun dapat pula menjadi gejala dari infeksi saluran kemih (ISK), kehamilan ektopik terganggu (KET), kista ovarium terpuntir, dan lain sebagainya.  Namun diperlukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk menentukan diagnosis Anda. Untuk itu, jika keluhan Anda dirasakan mengganggu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter agar dapat memperoleh penanganan yang optimal segera.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AAS)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar