Sukses

Tidak Haid 6 Bulan & Nyeri Ulu Hati

16 Jan 2015, 09:40 WIB
Wanita, 17 tahun.

selamat pagi dok. saya remaja berusia 17thun. saya ingin konsultasi. saya belum menstruasi semenjak 6 bulan belakangan ini. saya tidak pernah melakukan seks bebas.lalu dok, daerah perut sebelah kiri dan hulu hati saya sering sakit. sering sklai sakit dok. bahkan terkadang kalo saya gak tahan, saya bisa muntah dok. kirakira itu sakit apa ya dok? mohong bantuannya dok:(

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Telat Haid

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Saat ini Anda sudah tidak menstruasi selama 6 bulan, hal ini tentunya tidak normal, disebut juga dengan amenore sekunder. Amenorea sekunder adalah tidak terjadinya menstruasi selama 3 siklus (pada kasus oligomenorea atau jumlah darah menstruasi sedikit), atau 6 siklus setelah sebelumnya mendapatkan siklus menstruasi biasa.

Faktor-faktor risiko terjadinya amenore sekunder antara lain:

  • Aktivitas fisik yang terlalu berat (ekstrem)
  • Terlalu kurus (lemak tubuh kurang dari 15 – 17%). Keadaan ini mempengaruhi proses pembentukan hormon. Jika seorang perempuan mengalami kelainan makan, seperti anoreksia atau bulimia, perubahan hormonal yang disebabkan dapat berujung pada berhentinya menstruasi.
  • Obesitas. Adanya jaringan lemak yang berlebih pada seorang yang mengalami obesitas juga mempengaruhi proses ovulasi (pengeluaran sel telur dari indung telur).
  • Stress psikis. Stress dapat mempengaruhi fungsi hipotalamus sehingga menstruasi berhenti. Karena itu jika stress berkurang, menstruasi muncul kembali.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu seperti antidepresan, antipsikotik, obat kemoterapi, dan kortikosteroid oral.

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan saat ini untuk pemeriksaan kesehatan yang lebih lengkap dan menyeluruh. Kemungkinan diperlukan pemeriksaan hormon dan juga pemeriksaan USG perut untuk mengetahu apakah terdapat gangguan reproduksi yang serius. Sebaiknya hal ini tidak ditunda lagi karena kondisi ini dapat mempengaruhi kesuburan Anda.

Berikut kami sertakan artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Telat Haid? 4 Faktor ini Penyebabnya

Nyeri Ulu Hati

Keluhan nyeri ulu hati dapat disebabkan oleh berbagai hal. Penyebab tersering adalah karena peyakit lambung, dimana asam lambung meningkat bisa menyebabkan keluhan nyeri perut ulu hati dan sensasi sesak nafas. Penyakit maag adalah ganguan pada lambung dimana terjadi peningkatan asam lambung. Maag itu sebenarnya dapat disebabkan oleh banyak hal seperti infeksi kuman H.Pylori, stres, sering telat makan dsb. Nah penyebab-penyebab itu dapat menyebabkan ulkus (luka pada lambung) yang dapat menyebabkan gangguan pada dinding lambung yang lama.

Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah : 

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
  2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. 
  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari 
  4. Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)
  5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 
  6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.

Jika dengan perubahan pola makan dan minum obat bebas tersebut, keluhan tidak berkurang, sebaiknya Anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui apakah terdapat luka pada lambung Anda.

Anda juga dapat membaca artikel kami berjudul :

 

Demikian informasi yang kami  dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (AAS)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar