Sukses

Pasca Operasi Abses Perianal

26 Aug 2015, 16:24 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dear Dokter, Akhir november lalu saya menjalanin operasi abses perianal - fistula. Setelah dioperasi saya dianjurkan untuk merawat luka (bekas luka operasi tidak dijahit) dengan cara membasuh memakai cairan PK setiap buang air dan menutupnya dengan kain kasa yang diolesi salep Bioplacenton. Beberapa kali check up, dokter mengatakan bahwa perkembangannya bagus. Namun di kain kasa terdapat cairan kuning kecoklatan terkadang kuning - agak hijau muda, dan lengket. Apakah ini cairan serum (karena kulit belum sepenuhnya menutupi daging) , ataukah ini nanah ? Bau yang muncul hanyalah bau Bioplacenton. Dan memang bekas luka masih belum sepenuhnya tertutup. Mohon informasi dan masukannya untuk kasus saya ini. Terimakasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda. Namun kami tidak dapat memastikan apa 'cairan kuning kecoklatan terkadang kuning - agak hijau muda, dan lengket' tersebut karena tidak dapat memeriksa anda secara langsung. Bisa saja hal tersebut merupakan nanah akibat luka yang belum menutup sempurna.

Untuk memastikannya, sebaiknya anda kembali berkonsultasi dengan dokter yang saat ini menangani anda. Hal ini ditujukan agar luka operasi anda tetap terpantau perkembangannya.

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar