Sukses

Ukuran Normal Penis Dan Cara Memperbesar Penis

14 Jan 2015, 16:00 WIB
Pria, 19 tahun.

Berapa ukuran normal penis orang indonesia dan apakah ada cara memperbesar penis yang mudah dan praktis

dr. Mega Putri

Dijawab Oleh:

dr. Mega Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Panjang penis yang normal adalah 7,6 - 10,2 cm (saat lemas) dan 12,7 - 17,8 cm (saat ereksi). Belum ada studi yang meneliti ukuran penis rata-rata orang Indonesia, namun umumnya tidak jauh berbeda dengan ukuran penis yang ditemukan pada satu wilayah regional Asia, yaitu 8-11 cm saat tidak ereksi dan 12-14 cm saat ereksi dengan diameter rata-rata sekitar 3,2 cm. Penis dianggap kecil (abnormal) jika panjangnya kurang dari 7,6 cm saat mengalami ereksi (mikropenis).

Mikropenis adalah kecilnya ukuran penis tetapi masih memiliki struktur anatomi penis dan buah zakar yang normal. Banyak faktor yang dapat menyebabkan besar/kecilnya ukuran penis seorang laki-laki. Diantaranya adalah faktor ras, genetika, obesitas, gangguan hormon (kekurangan hormon testosteron), dsb.

Terapi suntikan hormon mungkin berguna bagi anak yang mengalami mikropenis dan disuntikan sebelum anak mencapai pubertas. Namun bila dilakukan pada orang dewasa efektifitasnya tentu sudah sangat rendah. 

Tidak ada yang efektif sebagai cara memperbesar penis, termasuk tindakan operasi. Meskipun, memang satu-satunya cara memperbesar penis adalah melalui operasi. Banyak produk yang ditawarkan dengan janji bahwa produk tersebut dapat memperbesar penis. Namun tidak ada penelitian ilmiah yang mendukung penggunaan metode-metode non-operatif untuk memperbesar penis, dan secara medis tidak dianjurkan pembesaran penis dengan cara operasi hanya untuk alasan kosmetik. Sedangkan metode-metode yang ditawarkan justru dapat "merusak" penis dan beberapa menyebabkan impotensi. Karena itu, sebaiknya berpikir matang-matang sebelum mencoba produk apapun yang katanya dapat memperbesar penis. Bukannya mendapatkan hasil yang diinginkan, malahan mendapatkan efek samping menjadi impoten.

Kami sarankan apabila ternyata panjang penis Anda dalam kategori abnormal maka Anda dapat melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis Andrologi. 

Berikut kami sertakan artikel untuk menambah informasi Anda:  

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam sehat,

 

0 Komentar

Belum ada komentar