Sukses

Keperawanan Hilang Karena jatuh?

02 Aug 2015, 00:13 WIB
Wanita, 19 tahun.

Selamat siang dokter. Dok, saya berusia 19 tahun. Bberapa bulan yang lalu saya pernah terjatuh hingga menyebabkan pendarahan di daerah 'V' saya. Rsanya nyeri, tapi selang bberapa jam kmudian nyerinya berkurang. Apakah hal tersebut karena luka di dalam? Apakah juga karena terjatuh hingga berdarah tersebut bisa jadi keperawanan saya bisa hilang? Mohon penjelasannya, Dok. Terimakasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Dua konsep yang dimiliki masyarakat berkaitan dengan keperawanan perempuan adalah: 

  1. Hilangnya keperawanan ditandai oleh robeknya himen perempuan
  2. Hilangnya keperawanan karena telah berhubungan intim untuk pertama kali.  

Himen merupakan membran tipis yang ada di dekat bukaan vagina, bagian tengahnya bolong sehingga darah menstruasi dapat keluar. Sebetulnya, himen perempuan dapat robek walau tidak melakukan hubungan intim, yaitu karena kecelakaan, aktivitas seperti naik kuda, senam, bersepeda, penggunaan tampon, masturbasi. Bahkan ada juga perempuan yang tidak memliki himen. Himen dapat robek tanpa disertai rasa sakit, ataupun disertai perdarahan. 

Karena itu, walaupun himen yang utuh mengindikasikan bahwa perempuan itu masih perawan, namun himen yang tidak utuh bukan berarti ia tidak perawan. Ada juga keadaan dimana perempuan sudah berhubungan intim, namun himennya masih utuh, yang disebut himen yang elastis. Karena itu konsep yang perlu digunakan di sini adalah keperawanan hilang saat seseorang melakukan hubungan intim. 

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar