Sukses

Hepatitis dan Penularannya

31 May 2015, 22:12 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dear Dokter, 5 hari yang lalu saya mkn bersama tmn saya, saya mkn soup semangkok berdua dengannya, ternyata 3 hari kemudian dia tidak masuk kerja dan dia baru bilang ternyata dia penderita hepatitis, tp tidak bilang hepatitis apa yang dia derita, saya kecewa sekali karena dia tidak pernah bilang sebelumnya tentang penyakitnya, apakah dengan saya makan semangkuk berdua dengannya saya dapat tertular? karena yang saya dengar keadaan dia sudah parah matanya sudah kuning, tolong bagaimana cara saya untuk mengetahui apakah saya tertular atau tidak? Terima kasih, Rusdah

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Perlu Anda ketahui, hepatitis  disebabkan oleh beberapa varian virus, karena itu terdapat hepatitis A, B , C, D, E. Tidak banyak yang mengetahui hepatitis D dan E, kedua jenis ini memang jarang namun terdapat di negara kita.

 

Hepatitis A menginfeksi manusia melalui makanan yang dimasukkan lewat mulut, virus ini menyerang saluran pencernaan sehingga penderita akan mengalami diare saat terinfeksi, penularan hepatitis A ini mungkin terjadi saat dua orang makan melalui media yang sama. Kabar baik untuk Anda, ketika sistem imun Anda sedang prima, seringkali kita tidak sadar bahwa kita telah terinfeksi hepatitis A, namun kemudian tubuh kita membentuk kekebalan yang abadi terhadap virus ini.

Sedangkan Hepatitis B dapat ditularkan melalui cairan tubuh seperti darah, sperma, tetapi tidak dapat ditularkan melalui keringat. . Hepatitis C sama seperti hepatitis B cara penularannya.

Saat ini adakah gejala penyakit yang anda rasakan? Bila ada, maka sebaiknya segera memeriksakan diri kepada dokter. Dan untuk mendeteksi apakah anda menderita penyakit hepatitis, dapat dilakukan pemeriksaan laboratorium darah.

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar