Sukses

Megatasi Flek Hitam & Alergi Sabun Cuci

16 Jan 2015, 15:47 WIB
Wanita, 25 tahun.

dok,gimana cara menghilangkan flek hitam dan alergi terhadap sabun cuci piring ataupun deterjen.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Kami akan mencoba untuk menjawab satu-persatu pertanyaan Anda.

1. Flek Hitam

Flek-flek hitam yang timbul pada kulit dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya :

  • Pertambahan usia.

  • Paparan sinar UV berlebih saat kulit sama sekali tidak memakai perlindungan (sunscreen). Saat terpapar tanpa perlindungan, kulit akan melindungi diri dengan memproduksi melatonin (sel-sel pigmen di kulit) berlebih. Melatonin ini selanjutnya akan membentuk noda-noda yang mengganggu penampilan

  • Dipicu oleh substansi psoralens yang terdapat dalam makanan seperti seledri, limau dan lobak. Saat mengonsumsi makanan ini, kulit akan semakin sensitif jika terpapar sinar matahari langsung.

  • Penggunaan lotion dan parfum yang mengandung bergamot oil, di area yang terpapar matahari.

  • Dsb

Untuk menghilangkan flek-flek hitam ini, disamping menggunakan obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter kulit anda, anda juga perlu menghindari faktor-faktor yang menjadi pemicu seperti yang telah disebutkan diatas. Selain itu konsumsi beberapa jenis vitamin yang mampu menghambat prose spenuaan kulit juga dapat membantu mempercepat hilangnya flek-flek hitam pada kulit, seperti penggunaan vitamin A (retinoid) di malam hari dan vitamin C di pagi hari sebelum menggunakan tabir surya. Untuk mendapatkan informasi mengenai penggunaan vitamin tersebut, anda dapat membaca artikel yang berjudul Kegunaan Vitamin Untuk Kulit

Jika flek hitam tersebut tetap membandel meskipun telah diberikan dengan terapi-terapi tersebut maka anda dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit untuk dilakukan chemical peeling atau microdermabrasi atau laser.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai terapi yang dapat dilakukan untuk menghilangkan dan mencegah flek-flek hitam anda dapat membaca artikel kami yang berjudulKenali dan Usir Flek Hitam. 

2. Alergi Sabun Cuci

Perlu diketahui bahwa dalam dunia medis ada yang disebut dengan dermatitis kontak, peradangan pada kulit terjadi karena kulit telah terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit atau menyebabkan reaksi alergi. Dermatitis kontak akan menyebabkan kulit kering, pecah-pecah, timbul ruam yang besar, gatal dan rasa terbakar. Gejala ini akan bertahan sampai berminggu-minggu dan bukan tidak mungkin kulit akan menghitam di kemudian hari. Gejala dermatitis kontak akan menghilang bila kulit sudah tidak terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit tersebut atau kondisi lain yang memicu timbulnya gejala. Hindari pemakaian produk yang ditengarai menjadi faktor pemicu timbulnya dermatitis, hindari penggunaan air panas pada kulit, dan berikan pelembab (moisturizer) pada kulit yang terkena.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (AAS)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 
 
 

0 Komentar

Belum ada komentar